29.8 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaHealthSering Makan Ini Bisa Sebabkan Kanker Usus

Sering Makan Ini Bisa Sebabkan Kanker Usus

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM Kanker usus besar, salah satu penyakit yang sering menyerang banyak orang. Utamanya, pria dengan usia lebih dari 50 tahun.

Jika menerapkan pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat, risiko untuk terkena penyakit ini bisa meningkat.

BACA: Jelang Penilaian Kabupaten Sehat, Gowa Target Raih Penghargaan Tertinggi

Kanker usus besar biasanya menyebabkan gejala awal seperti perdarahan pada usus besar, seringnya terjadi sembelit atau diare tanpa sebab, menurunnya berat badan secara drastis, sakit perut dan perut yang terasa begah (seperti kembung) setiap saat.

Dilansir doktersehat, beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan datangnya kanker usus adalah sering mengonsumsi makanan berlemak atau makanan yang terbuat dari daging merah. Meskipun memiliki rasa yang enak, daging merah dan makanan berlemak bisa memberikan efek buruk bagi tubuh mengingat kemampuan makanan ini dalam memberikan efek peradangan. Efek peradangan ini jika terus terjadi akan menyebabkan perubahan pada sel yang akhirnya menjadi kanker.

BACA: Ini Gejala Kanker Paru Pada wanita

Selain makanan dari bahan daging merah, ada baiknya kita juga menghindari makanan cepat saji. Rasanya memang sangat enak, namun kandungan lemak jahat di dalamnya sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko terkena kanker, termasuk kanker di saluran pencernaan seperti kanker usus.

Apakah hal ini tidak bisa lagi mengonsumsi makanan yang terbuat dari daging merah atau makanan berlemak agar tidak mudah terkena kanker usus?

BACA: Sering Diabaikan Wanita, Kenali Tanda Kanker Serviks

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita masih bisa mengonsumsi daging merah, namun sebaiknya frekuensinya dikurangi. Selain itu, kita juga sebaiknya memperhatikan cara mengolah daging merah. Ada baiknya kita tidak menggorengnya, memanggang, atau membakarnya karena bisa memicu munculnya zat karsinogen atau zat penyebab kanker. Ada baiknya kita mengolahnya dengan cara merebusnya atau menjadikannya sup.

BACA JUGA :  Cegah Kanker Usus Dengan Gosok Gigi Setiap Hari

Khusus untuk makanan cepat saji, ada baiknya kita memang tidak lagi mengonsumsinya karena kandungannya tidak baik bagi kesehatan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan demi menyehatkan tubuh dan menurunkan risiko terkena kanker karena kandungan di dalam makanan ini memang bisa membantu tubuh mencegah datangnya penyakit ini dengan efektif.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3