30 C
Makassar
Selasa, November 24, 2020
Beranda Health 7 Cara Mengatasi Kulit Iritasi Secara Alami

7 Cara Mengatasi Kulit Iritasi Secara Alami

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sebagian orang mungkin pernah mengalami iritasi kulit yang disebabkan berbagai faktor seperti alergi, paparan zat kimia, atau salah menggunakan produk kecantikan tertentu yang menyebabkan gangguan kulit.

Iritasi kulit menyebabkan gejala berupa ruam, sisik, penebalan kulit, lecet, dan sensasi kulit terbakar. Dalam kondisi yang lebih parah, iritasi kulit mungkin terjadi akibat gejala infeksi kulit, dermatitis, eksim, atau psoriasis.

Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami iritasi kulit, berikut ini adalah rekomendasi obat iritasi kulit.

Dilansir dari laman DokterSehat, selain dengan salep atau obat iritasi kulit lainnya, Anda juga dapat mengatasi iritasi kulit dengan beberapa cara alami. Berikut ini adalah cara mengatasi kulit iritasi dan kering, yaitu:

Aloe Vera

Aloe vera memiliki efek antiinflamasi. Aloe vera juga mengandung antioksidan, enzim, mineral alami, Vitamin A dan C yang berperan dalam mengatasi gejala kulit iritasi dan masalah kulit lainnya seperti jerawat, kulit kering, dan meredakan sensasi kulit terbakar.

Manfaat aloe vera untuk wajah adalah untuk membantu melembapkan, menyejukkan, serta menyembuhkan kulit. Ada dianjurkan untuk menggunakan aloe vera atau lidah buaya segar yang diambil gelnya dan diaplikasikan ke area kulit yang iritasi sebagai masker.

Oatmeal

Terdapat berbagai manfaat oatmeal untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah untuk mengatasi iritasi kulit. Food and Drug Administration (FDA) pada 2003 juga menyetujui oatmeal koloid sebagai zat pelindung kulit, namun hanya untuk penggunaan luar bukan oatmeal yang dimakan.

Cara mengatasi kulit iritasi secara alami adalah:

Siapkan satu mangkuk oatmeal organik atau yang sudah ditumbuk
Tambahkan air secukupnya dan masak sampai teksturnya menjadi seperti pasta kental
Setelah jadi, aplikasikan pasta oatmeal pada area kulit yang iritasi
Diamkan selama 10-20 menit atau sampai masker oatmeal mengering
Bilas hingga bersih dan gunakan pelembap setelahnya
Masker oatmeal ini juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan perawatan kulit wajah secara general.

Gunakan Moisturizer

Menggunakan moisturizer atau pelembap adalah cara mengatasi kulit iritasi di wajah yang efektif. Gunakan moisturizer yang mengandung ceramide untuk mengatasi kulit kering, kulit bersisik, kulit kering, ruam, dan gatal.

Menggunakan pelembap secara teratur dapat meringankan gejala iritasi kulit ringan, namun Anda harus berhati-hati memilih produk moisturizer yang cocok untuk kulit Anda. Serta, gunakan produk yang tanpa pewangi buatan dan tidak mengandung paraben.

Madu

Obat iritasi kulit alami selanjutnya adalah dengan menggunakan produk alami dari madu. Madu mengandung pelembap alami, antibakteri, antimikroba, dan agen humektan. Kandungan alami dari madu tersebut dapat mengatasi iritasi kulit ringan, jerawat, dan noda hitam.

Cara mengatasi kulit iritasi di wajah adalah:

Bersihkan area kulit yang teriritasi
Oleskan madu secara merata
Diamkan selama kurang lebih 30 menit
Bilas kembali sampai bersih
Madu juga mengandung antioksidan yang berperan sebagai agen anti penuaan dan mencerahkan kulit.

Cukup Minum Air Putih

Salah satu gejala iritasi kulit adalah kulit menjadi kering dan bersisik. Untuk mengatasinya, pastikan Anda cukup minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Manfaat air putih adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan menutrisi kembali sel-sel kulit mati, serta memperbaiki jaringan kulit yang teriritasi. Selain itu, air putih yang cukup juga meningkatkan kesehatan kulit Anda secara general.

Konsumsi Makanan Sehat

Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan penyebab peradangan kulit seperti gluten, susu, gula, dll karena akan memicu gejala iritasi kulit semakin memburuk. Sebaliknya, perbanyak konsumsi yang sehat untuk kulit seperti yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan yang bagus untuk kulit, yaitu:

Pepaya: Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berperan dalam produksi kolagen dan memelihara kesehatan kulit Anda
Alpukat: Alpukat mengandung lemak baik untuk menambah kekenyalan dan elastisitas kulit
Kubis: Jenis sayuran berdaun hijau ini mengandung vitamin C, lutein, karotenoid, dan antioksidan untuk mengatasi kulit kering Anda juga dapat memilih makanan makanan sehat lain untuk kulit sesuai dengan kesehatan Anda.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi iritasi kulit. Cukup oleskan petroleum jelly di area kulit yang teriritasi untuk melembapkan serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Berdasarkan American Academy of Dermatology, manfaat petroleum jelly lainnya adalah untuk mengatasi kulit lecet, kulit kering, infeksi kulit, dan agen penyembuhan berbagai gangguan kulit lainnya.

Headline

Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Unimerz Jalani Assesmen Lapangan Via Daring

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky (Unimerz) menjalani assesman lapangan secara daring. Adanya wabah Covid...

Iman Melawan Pandemi

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Malam itu, Rabu (11/11/2020), cuaca cukup cerah. Kerlip cahaya bintang terlihat jelas di langit Makassar, meski tidak seterang sorot lampu Anjungan...

Prof Jasruddin : Unimerz Tunjukkan Kemajuan Pesat

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) wilayah IX, Prof. Jasruddin, menilai Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pasalnya,...

Penumpang Lion Air Gorok Leher Sendiri di Bandara Sultan Hasanuddin

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Para pengunjung Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dihebohkan dengan tindakan upaya bunuh diri salah seorang penumpang maskapai Lion Air. Pelaku yang diketahui bernama...