26 C
Makassar
Wednesday, April 17, 2024
HomeHealth8 Manfaat yang Didapatkan Bila Menjaga Kebugaran Jasmani

8 Manfaat yang Didapatkan Bila Menjaga Kebugaran Jasmani

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM –  Aktivitas fisik reguler adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kebugaran jasmani. Contohnya meningkatkan kesehatan otak, membantu mengelola berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari -hari.

Orang dewasa yang duduk lebih sedikit dan melakukan sejumlah aktivitas fisik sedang-kuat mendapatkan beberapa manfaat kesehatan. Nah, pertanyaannya apa saja sih manfaat yang didapatkan bila menjaga kebugaran jasmani?

Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani

Menjaga kebugaran jasmani dapat meningkatkan kemampuan fisik dan ketahanan emosional. Berikut ini adalah manfaat lain yang didapatkan dari menjaga kebugaran jasmani, yaitu:

1. Berat badan yang terkontrol

Kebugaran jasmani dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat kamu melakukan aktivitas fisik, kamu membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang dibakar.

2. Olahraga dapat menurunkan risiko penyakit

Tubuh yang bugar dapat menurunkan risiko penyakit. Ini termasuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. Kebugaran jasmani dapat melancarkan sirkulasi darah yang salah satunya dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Olahraga meningkatkan suasana hati

Tubuh yang bugar dapat meningkatkan mood menjadi lebih positif. Soalnya aktivitas fisik atau olahraga dapat merangsang berbagai bahan kimia otak, yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia dan mengurangi rasa cemas.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Tubuh yang bugar juga dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan menghargai dirinya. Tubuh yang bugar membuat kamu merasa lebih percaya diri tentang penampilan dan juga nyaman dengan diri sendiri. Kenyamanan dengan diri sendiri inilah yang pada akhirnya membantu meningkatkan rasa percaya diri.

5. Tubuh yang bugar memberikan semangat

Jasmani yang bugar berarti menunjukkan otot dan daya tahan tubuh yang kuat.  Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Ketika kesehatan jantung dan paru-paru dalam keadaan optimal, ini berarti kamu memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas harian.

6. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu tertidur lebih cepat, teratur, dan pastinya lebih nyenyak. Pastikan kamu tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena ini justru malah akan mengganggu jam tidurmu.

7. Meningkatkan performa seks

Kebugaran jasmani juga berkaitan dengan performa dan kualitas seks yang baik. Tahukah kamu, kalau aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan energi dan kepercayaan diri. Pada akhirnya ini akan berdampak pada kualitas dan performa seks.

8. Membangun hubungan sosial yang lebih baik

Tubuh yang bugar akan membuat kamu tidak terbatasi ruang dan waktu. Kamu bisa beraktivitas ke mana saja yang kamu mau, bisa terjun ke dalam kegiatan-kegiatan outdoor maupun indoor. Pada akhirnya, tubuh yang bugar akan membuka kesempatan untuk membangun hubungan sosial yang lebih baik. Berteman dan menemukan peluang-peluang lain di luar sana, guna meningkatkan kualitas hidup.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img