BerandaCitizenAjak Orang Berzakat Melalui Digital, Dompet Dhuafa Sulsel Luncurkan Salingtolong.Org

Ajak Orang Berzakat Melalui Digital, Dompet Dhuafa Sulsel Luncurkan Salingtolong.Org

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM– Untuk memanfaatkan pekan terakhir di bulan ramadhan tahun ini, Dompet Dhuafa Sulsel senantiasa mengajak masyarakat untuk menebarkan kebaikan kepada sesama. Tidak hanya donasi kemanusiaan saja, namun juga membangun kesadaran masyarakat luas pentingnya berzakat. Terutama zakat fitrah.

Sebagaimana yang telah diperintahkan sebelum merayakan hari kemenangan, umat muslim diharuskan untuk menunaikan zakat terlebih dahulu. Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia terdapat sebagian hak orang lain.

Oleh karena itu, zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu setahun sekali pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri dengan besaran yang harus dikeluarkan adalah satu sha’. Satu sha’ memiliki nilai yang sama dengan 2,5kg beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya, atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari.

Membayar zakat kini telah dipermudah, masyarakat dapat membayarnya dengan menggunakan uang sesuai harga beras yang telah diperhitungkan melalui lembaga zakat. Terlebih lagi dengan adanya platform digital yang diluncurkan DD Sulsel yaitu salingtolong.org, masyarakat bisa langsung membayarkannya secara mudah dan cepat dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya itu, platform ini juga menawarkan berbagai layanan berdonasi online.

Pimpinan Cabang DD Sulsel, Rahmat Hidayat HM menjelaskan “Platform ini telah diluncurkan DD Sulsel pada pekan kedua ramadan, dengan harapan program ini dapat semakin mengajak lebih banyak orang baik berpartisipasi untuk menciptakan dampak yang lebih luas pada para penerima manfaat agar lebih banyak orang yang terbantu lewat zakat, infaq, sedekah dan wakaf,” ujarnya.

“Platform ini bersifat website jadi tidak perlu mengunduh aplikasi smartphone cukup mengaksesnya melalui www.salingtolong.org kemudian klik menu zakat, menu itu akan langsung mengarahkan pengguna untuk melakukan pembayaran zakat fitrah, zakat penghasilan dan zakat harta. Pilihan pembayarannya pun beragam, bisa menggunakan e-wallet dengan scan Qris, bisa juga melalui transfer bank BSI, Mandiri, Muamalat dan BCA.

Mulai dari Rp 32.000,-/orang, sudah terhitung membayar zakat fitrah untuk Ramadan tahun ini. Zakat Fitrah yang  tunaikan, akan DD Sulsel konversikan dalam bentuk beras yang didistribusikan hingga pelosok sulawesi yang sulit terjangkau.

Menambahkan, Aswar Hasbi selaku tim digital fundrising DD Sulsel mengatakan bahwa pihaknya terus melanjutkan komitmennya mengedukasi masyarakat luas mengenai kemudahan zakat dan berdonasi secara digital, agar masyarakat bisa lebih mudah membantu sesama.

“Membayar zakat secara digital dapat memberikan banyak kemudahan serta manfaat. Selain lebih simple dan praktis, orang juga tak perlu lagi ke luar rumah. Cukup melakukannya di dalam ponsel. Walau sedang berada di kantor atau di perjalanan, kamu hanya perlu membuka platform yang tersedia dan mengisi biodata serta langsung membayar zakat. Kini berzakat jadi mudah, aman, dan nyaman,” paparnya.

DD Sulsel meluncurkan platform ini, sebuah upaya untuk mengajak masyarakat membahagiakan sesama lewat kegiatan berbagi. Dengan menghadirkan beragam program istimewa, di bulan Ramadhan ini Dompet Dhuafa Sulsel menargetkan untuk membantu 5000 penerima manfaat khususnya yang berada di pedalaman.