26 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaFoodAlasan Pisang Baik untuk Asam Lambung

Alasan Pisang Baik untuk Asam Lambung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penyakit asam lambung terjadi ketika cairan asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Gejalanya bisa berupa sensasi panas di perut atau dada setelah makan.

Selain itu, penyakit asam lambung juga bisa menyebabkan muntah, batuk kering, sakit tenggorokan, perut kembung, dan kesulitan menelan. Kambuhnya gejala tersebut sering kali dipicu oleh produksi asam yang berlebihan di perut.

Itulah sebabnya mengapa konsumsi makanan yang rendah asam adalah kunci untuk mengendalikan asam lambung. Salah satu makanan rendah asam yang bisa dikonsumsi adalah pisang.

BACA JUGA :  Tanda Nyeri dada akibat heartburn

Pisang diketahui mampu mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan dan mengurangi gejala nyeri akibat naiknya cairan asam dari lambung. Hal ini karena pisang bersifat basa, sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Selain itu, pisang kaya akan kalium yang dapat meningkatkan produksi lendir di lambung dan mencegah penumpukan asam berlebih. Buah ini juga mengandung serat larut yang dapat mendorong makanan mengalir dengan mudah melalui saluran cerna. Dengan begitu, kesehatan pencernaan bisa selalu terjaga.

Konsumsi makanan tinggi serat pun bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Makan yang terlalu banyak dalam satu waktu atau terlalu cepat justru dapat memicu kambuhnya gejala asam lambung.

BACA JUGA :  Tips Puasa bagi Penderita Asam Lambung

Pisang pun mudah diperoleh dan bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan sehat. Oleh karena itu, jika Anda menderita asam lambung dan gejalanya sering kambuh, cobalah untuk memasukkan pisang ke dalam menu makan Anda sehari-hari.

Agar manfaat pisang untuk asam lambung bisa Anda peroleh secara maksimal, sebaiknya pilihlah pisang yang sudah matang, ya.

Pilihan Makanan Lain yang Baik untuk Asam Lambung

Selain pisang, ada juga beberapa makanan lain yang baik untuk penderita asam lambung, antara lain:

• Melon
• Sayuran, seperti asparagus, kacang panjang, dan mentimun
• Jahe
• Roti gandum utuh
• Putih telur
• Daging tanpa lemak, seperti ayam dan ikan
• Sumber lemak sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, atau minyak wijen

Konsumsi pisang dan pilihan makanan lain seperti yang telah disebutkan di atas juga harus didukung dengan pola hidup sehat, seperti menjaga berat badan ideal, menghindari minuman beralkohol, berhenti merokok, mengonsumsi makanan secara perlahan, dan menghindari makan selama 3–4 jam sebelum tidur.

Sumber: Alodokter

spot_img
spot_img

Headline