31 C
Makassar
Thursday, June 13, 2024
HomeEkbisAndi Amran Sulaiman Akui Kabupaten Bone Miliki Potensi Besar Terutama UMKM

Andi Amran Sulaiman Akui Kabupaten Bone Miliki Potensi Besar Terutama UMKM

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), H Andi Amran Sulaiman (AAS) melakukan kunjungan ke Kampung Halamannya, di Bone Beradat julukan Kabupaten Bone, Minggu (12/3/2023).

Dalam agendanya Andi Amran Sulaiman (ASS) yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) terlihat didampingi adiknya, yang saat ini menjabat selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Perkebunan (TPHP) Andi Asman Sulaiman serta juga didampingi oleh Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle saat menyapa masyarakat, di Warkop 23, Jl. M.H Thamrin, Kota Watampone.

Usai menyempatkan ngopi bareng, kemudian ASS melanjutkan pertemuan bersama IKA Unhas di Kedai Kopi Gemilang, Jl Beringin.

Ada sekitar dua jam Andi Amran Sulaiman bincang-bincang bersama para Alumni Unhas, Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, serta masyarakat.

“Ini jalan-jalan, hanya ngopi bareng dengan teman-teman Ika Unhas Bone, masyarakat Bone, sahabat saya sewaktu SD, SMP, SMA, temu kangen,” ucap ASS Amran saat ditemui usai akan meninggalkan Warkop 23.

Lebih lanjut, Owner PT Tiran Group ini menambahkan, Kabupaten Bone ini memiliki potensi besar yang dapat digarap bersama.

“Kita lihat nanti ke depan, potensi bisa kita garap di Bone. Yang jelas Bone selalu di hati,” lanjutnya.

Ia mengakui, kalau UMKM di Kabupaten Bone bisa naik kelas ke level dunia. “Kita atur, bagaimana mengedukasi saudara-saudara UMKM agar naik kelas. Dan secara exponential melompat. Saya yakin, pasti bisa,” akuinya

Kakak kandung Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini juga memberikan contoh. Misalnya, UMKM lokal mendapat undangan pameran di Kairo, Mesir. Dimana UMKM tersebut butuh dukungan moral dan materi.

“Saya katakan, berangkatkan. Tidak ada alasan untuk tidak berangkat, karena di momen seperti inilah UMKM sangat membutuhkan dukungan penuh. Sehingga wajib hukumnya untuk turun tangan membantu,” bebernya

“Ini adalah saudara kita. Kita tidak tahu, di antara teman-teman ada yang bisa melompat jauh ke depan. Apalagi di Bone banyak sektor bisa digarap. Negara lain seperti Turki, sumber daya alamnya belum digarap, tapi bisa bersanding dengan negara super power. Bone saya yakin juga bisa. Yang terpenting adalah pembentukan karakter sumber daya manusianya. Kalau ini dibentuk, pasti bisa,” sambungnya lagi.

Sekedar diketahui, Andi Amran Sulaiman melepas keberangkatan UMKM Sulsel menuju Kairo, Mesir dalam rangka menghadiri pameran dagang Supermarket Expo.

3 UMKM binaan IKA Unhas dapat undangan tampilkan produk di luar negeri. Agendanya pameran dagang Supermarket Expo di Kairo, Mesir.

Pelepasan secara simbolis berlangsung di AAS Building, Kota Makassar,
Jumat (10/3/2023) lalu.

Tak hanya melepas, Andi Amran Sulaiman juga memberi bantuan dana kepada pelaku UMKM itu untuk unjuk gigi di kancah dunia.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img