29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaHealthApakah Vaksinasi Efektif Melawan Varian Mu COVID-19?

Apakah Vaksinasi Efektif Melawan Varian Mu COVID-19?

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah terus melakukan upaya vaksinasi dan mendatangkan vaksin. Pemerintah Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin tahap 82 sejumlah 705.300 dosis vaksin AstraZeneca pada Jumat (1/10/2021).

Bagaiman dengan efektivitas vaksinasi terhadap varian Mu? dilansir dari hellosehat.com, Hingga kini, studi yang dilakukan masih terbatas sehingga tidak bisa dipastikan jika varian Mu kebal terhadap antibodi yang telah terbentuk pada orang yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Studi berbasis laboratorium oleh periset Roma menguji efektivitas vaksin BioNTech-Pfizer terhadap varian Mu. Hasilnya menunjukkan bahwa strain B.1.621 dapat dinetralisir oleh vaksin Pfizer.

Namun, penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Infectious Diseases menunjukkan dua kasus varian Mu berpotensi lolos dari vaksin. Itu artinya, terjadi penurunan netralisasi oleh antibodi.

Kedua penelitian tersebut melaporkan hasil yang berbeda, sehingga butuh pengamatan lebih lanjut. Kendati demiakian, peneliti menegaskan pentingnya dilakukan karantina pada orang yang baru saja bepergian ke luar negeri untuk menghindari penyebaran dan penularan Covid-19 varian Mu.

Di samping itu, pemerintah tetap menjalankan tugasnya, yakni 3 T, yaitu test (tes), tracing (telusur), dan treatment (tindak lanjut).

Selain itu, tetap disarankan semua pihak untuk mengikuti vaksin dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan benar, yakni memakai masker, menuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitias serta mengurangi mobilitas.

 

spot_img
spot_img

Headline