31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaHealthBenarkah Stres Menyebabkan Alergi?

Benarkah Stres Menyebabkan Alergi?

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Reaksi alergi terjadi saat sistem imun bereaksi berlebihan terhadap zat yang bagi kebanyakan orang tidak berbahaya, seperti debu, bulu hewan peliharaan, dan makanan. Semua zat yang memicu alergi ini disebut alergen.

Sementara itu, stres merupakan respons tubuh terhadap situasi yang menekan fisik, psikis, dan emosional.

Saat Anda mengalami stres, sistem kardiovaskular, pencernaan, imun, saraf, dan lain-lain akan menyesuaikan diri untuk menghadapinya.

Stres sebetulnya berguna sebagai mekanisme perlindungan diri.

Saat menghadapi bahaya, otak akan mengirimkan perintah ke kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres. Hal ini meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, serta aliran darah ke otak dan otot.

Reaksi stres bermanfaat dalam jangka pendek karena Anda akan menjadi lebih awas terhadap situasi sekitar dan mampu bertindak cepat guna melindungi diri.

Namun, stres yang berulang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kecemasan, heartburn, hingga kambuhnya alergi. Nah, alergi yang sering kambuh juga dapat menyebabkan stres.
Selain menimbulkan gejala yang sangat mengganggu, alergi dan stres dalam jangka panjang dapat mengganggu konsentrasi, mengacaukan pola tidur, dan membuat Anda lebih mudah sakit. Sumber: hellosehat.com

spot_img

Headline