25 C
Makassar
Friday, June 14, 2024
HomeHealthBeragam Jenis Nutrisi saat Puasa yang Dibutuhkan 

Beragam Jenis Nutrisi saat Puasa yang Dibutuhkan 

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Agar tubuh tetap sehat dan puasa berjalan lancar, ada beberapa jenis nutrisi saat puasa yang dibutuhkan, antara lain:

Protein

Protein tak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh, tetapi juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi. Masukkan makanan yang kaya protein dalam menu sahur dan berbuka puasa.

Karbohidrat

Nutrisi satu ini juga sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Pasalnya, karbohidrat menjadi sumber energi utama yang akan digunakan oleh tubuh untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari. Kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh akan memicu rasa lesu dan kurang bertenaga. Supaya tidak cepat lapar, pilihlah asupan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau oatmeal.

Serat

Rasa kenyang lebih lama juga bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan berserat saat sahur dan berbuka. Hal ini disebabkan karena serat membantu memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

Lemak Sehat

Lemak juga menjadi nutrisi yang dibutuhkan saat puasa, meskipun kebutuhannya tidak sebanyak protein atau karbohidrat. Namun kamu tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan berlemak untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Karena jenis lemak yang kamu butuhkan adalah lemak baik alias High Density Lipoprotein (HDL). HDL bisa kamu dapatkan dari makanan, seperti ikan, alpukat, biji-bijian, bayam, dan minyak zaitun.

Vitamin dan Mineral

Jangan lupa sayur dan buah-buahan ya. Tubuh juga butuh asupan vitamin dan mineral, dan buah serta sayur adalah sumber terbaik yang bisa kamu dapatkan. Buah yang mengandung banyak air bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dari rasa haus selama berpuasa.

Perhatikan Asupan Cairan

Memang, selama berpuasa kamu harus menahan haus dalam waktu lama. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi alias kurang cairan dalam tubuh. Namun, bukan berarti risiko dehidrasi selama puasa tidak bisa dicegah. Salah satu kunci agar puasa lancar adalah dengan memperhatikan asupan cairan dan memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Tips untuk menjaga hidrasi tubuh adalah dengan mengonsumsi cukup air saat sahur, berbuka puasa, dan pada malam hari sebelum tidur. Selain itu, hindari minum cairan yang mengandung kafein atau alkohol. Sebab, jenis minuman ini bersifat diuretik sehingga bisa membuat tubuh mudah haus. Kalau sudah begitu, puasa akan terasa lebih berat.

Selain memastikan jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan agar puasa lebih lancar.

Sumber: halodoc.com

 

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img