29 C
Makassar
Tuesday, April 23, 2024
HomeHealthBerbagai Manfaat Minyak Alpukat

Berbagai Manfaat Minyak Alpukat

PenulisAndika
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Seperti namanya, minyak alpukat terbuat dari ekstrak buah alpukat. Minyak ini diketahui mengandung asam oleat, yakni jenis asam lemak omega-9. Asam oleat merupakan jenis minyak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan serta diyakini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Selain asam oleat, minyak alpukat juga mengandung vitamin A dan vitamin E, serta sumber lutein yang sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit.

Berikut ini adalah berbagai manfaat minyak alpukat seperti dilansir dari laman alodokter yang sayang jika dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Asam oleat yang terkandung di dalam minyak alpukat diketahui dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Jadi, dengan rutin mengonsumsi minyak alpukat dalam jumlah yang wajar, tentu bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

2. Menjaga kesehatan mata

Untuk mencegah gangguan mata di masa mendatang, seperti katarak dan degenerasi makula, kamu bisa lho mulai rutin mengonsumsi minyak alpukat. Pasalnya, kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin E di dalam minyak ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mata menjadi lebih sehat.

3. Meringankan gejala radang sendi

Gejala radang sendi yang tiba-tiba muncul tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa coba rutin mengonsumsi minyak alpukat. Sejumlah penelitian membuktikan, minyak yang diektraksi dari alpukat ini dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan akibat osteoarthritis.

4. Menyehatkan kulit

Kulit yang sehat bisa diwujudkan dengan rutin mengonsumsi minyak alpukat. Kandungan vitamin E dan lutein pada minyak ini bisa membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan skin barrier dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, minyak alpukat juga diketahui dapat membantu pengobatan proriasis.

5. Mencegah berbagai penyakit kronis

Sejumlah nutrisi di dalam minyak alpukat juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker. Selain itu, penelitian juga membuktikan minyak alpukat dapat menurunkan risiko kerusakan ginjal pada penderita diabetes.

Cara Menggunakan Minyak Alpukat

Nah, melihat banyaknya manfaat minyak alpukat ini, sayang sekali jika kamu melewatkannya. Minyak alpukat juga diketahui tergolong aman untuk dikonsumsi setiap hari, lho.

Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti minyak zaitun atau minyak lainnya untuk menggoreng atau menumis berbagai makanan. Selain itu, minyak alpukat juga cocok digunakan sebagai bumbu campuran untuk masakan yang dipanggang, sebagai bahan tambahan pada smoothie, salad, mayones, atau sup.

Meskipun aman dan bermanfaat, pastikan kamu tidak mengonsumsi minyak alpukat dalam jumlah yang berlebihan, ya. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan minyak alpukat jika kamu memiliki alergi terhadap buah alpukat.

Jika kamu ragu, sedang mengalami penyakit tertentu, atau ingin menggunakan minyak alpukat untuk mengatasi masalah kesehatanmu, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan arahan penggunaan yang sesuai dengan kondisimu.

spot_img

Headline

Populer

spot_img