29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaHealthBerbagai Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Berbagai Tips Merawat Bayi Baru Lahir

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bayi baru lahir akan mengalami banyak perubahan di awal kehidupannya, terutama dalam hal pertumbuhan dan perkembangan.

Pada masa ini, tubuh bayi juga masih rentan, sehingga ia lebih mudah mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami cara merawat bayi baru lahir yang benar.

Merawat bayi baru lahir kerap memicu kebingungan atau perasaan serba salah, terutama bagi orang tua baru.

BACA JUGA :  Dikerubungi Semut, Bayi Perempuan di Maros Ditemukan Masih Hidup

Nah, agar Bunda dapat merawat Si Kecil dengan tepat, berikut adalah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk merawat bayi baru lahir:

1. Ganti popok secara berkala

Bayi baru lahir biasanya mengenakan popok sepanjang waktu. Hal ini karena ia belum bisa mengontrol buang air kecil dan buang air besarnya. Oleh karena itu, Bunda perlu rutin mengganti popok bayi, setidaknya setiap 2–3 jam sekali, untuk mencegah Si Kecil terkena ruam popok atau infeksi jamur.

Pastikan juga Bunda memilih ukuran popok yang sesuai usia atau berat badan Si Kecil. Jangan terlalu longgar atau terlalu sempit. Bunda bisa mengetahui ukuran popok Si Kecil sudah terlalu kecil ketika sulit saat memasang popok atau melihat adanya iritasi kulit di sekitar pinggul dan selangkangannya.

2. Jaga kehangatan suhu tubuh bayi

Penting bagi Bunda untuk menjaga tubuh Si Kecil tetap hangat. Pasalnya, bayi baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya, terutama bayi yang lahir prematur. Bahkan, karena tidak memiliki lemak yang cukup di dalam tubuhnya, bayi baru lahir 4 kali lebih cepat merasa kedinginan dibandingkan orang dewasa.

BACA JUGA :  Jangan Sampai Salah yah! Ternyata Begini Cara Memijat Bayi

Untuk menjaga suhu tubunya tetap hangat, Bunda bisa memandikan Si Kecil dengan air hangat, melakukan kontak fisik dengan memeluk atau menggendong Si Kecil, dan menyelimuti tubuhnya.

3. Lakukan pijat setelah mandi

spot_img
spot_img

Headline