24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaHealthBerbagai Tips untuk Menjaga Produktivitas Kerja

Berbagai Tips untuk Menjaga Produktivitas Kerja

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Produktivitas adalah kemampuan untuk memberikan hasil pekerjaan yang baik dan sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Produktivitas tiap karyawan bisa berdampak pada kelancaran kerja tim dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Inilah yang menjadi alasan produktivitas penting untuk dijaga oleh para pekerja.

Untuk mencapai produktivitas yang tinggi, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, seperti motivasi, kemampuan mengatur waktu, dan dukungan orang sekitar. Selain semua hal tersebut, kondisi kesehatan fisik dan mental juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas pekerja.

Agar produktivitas kerja tetap tinggi, Anda dapat melakukan sejumlah tips berikut ini agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan hasilnya pun baik.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga produktivitas kerja tetap tinggi di kantor:

1. Membuang rasa malas

Rasa malas merupakan salah satu hal yang bisa memengaruhi produktivitas kerja. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat daftar prioritas pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam waktu dekat. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat bekerja dan pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

2. Menjauhi hal yang mengganggu konsentrasi bekerja

Kurangnya konsentrasi juga bisa menurunkan produktivitas kerja. Anda disarankan untuk menjauhi hal yang bisa mengganggu konsentrasi selama bekerja, salah satunya membuka media sosial.

Sebenarnya, membuka media sosial sesekali di kantor tidak selalu menghambat produktivitas, asalkan dilakukan pada waktu yang tepat, misalnya saat istirahat atau ketika pekerjaan harian telah selesai.

3. Membangun kerja sama tim yang baik

Studi menyatakan bahwa kerja sama tim yang baik dapat meningkatkan produktivitas pekerja yang terlibat di dalamnya. Untuk membangun hal ini, komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan maupun ke sesama pekerja perlu dijaga.

Sebagai contoh, bila Anda belum mengerti sepenuhnya tugas yang akan dikerjakan, tidak ada salahnya untuk mencari solusi atau mendiskusikannya dengan manajer maupun rekan kerja satu tim.

4. Menciptakan suasana kerja yang nyaman

Suasana kerja yang nyaman akan sangat mendukung konsentrasi dan dapat meningkatkan motivasi. Guna mendapatkannya, Anda bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti menjaga kebersihan meja kerja dan menggunakan kursi yang ergonomis.

Apabila Anda sudah merasa pegal di punggung akibat terlalu lama duduk, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk stretching atau berjalan santai mengelilingi area kantor.

5. Menjaga kesehatan

Kondisi kesehatan yang tidak prima, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental, dapat menyebabkan produktivitas kerja menurun. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan begizi, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan mengelola stres dengan baik.

Menjaga produktivitas tetap optimal di kantor memang sangat diperlukan agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Namun, hal ini pula yang sering membuat banyak karyawan lupa untuk beristirahat yang cukup dan makan tepat waktu.

Bila kondisi tersebut berlangsung terus-menerus, pekerja bisa rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang paling umum adalah batuk pilek atau flu. Meski penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu, gejalanya bisa cukup mengganggu dan menghambat produktivitas.

Untuk mengurangi berbagai keluhan akibat flu, Anda dapat mengonsumsi obat flu. Beberapa kandungan obat yang umum digunakan untuk mengatasi gejala flu adalah paracetamol, dexchlorpheniramine maleate, salisilamida, dan fenilpropanolamin.

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan obat-obatan di dalam tas kerja Anda, termasuk obat flu. Jadi, bila sewaktu-waktu Anda sakit flu dan gejalanya sampai mengganggu pekerjaan, Anda bisa langsung mengonsumsinya.

Ingat, Jangan biarkan produktivitas di kantor terhambat dan pekerjaan jadi menumpuk. Untuk meredakan demam, pusing, serta hidung tersumbat, ambil langkah cepat dengan mengonsumsi obat flu yang mengandung bahan tersebut.

Penurunan produktivitas kerja tidak hanya bisa mengganggu kinerja perorangan, tetapi juga kinerja tim secara keseluruhan. Jadi, jagalah agar produktivitas kerja Anda di kantor tetap stabil dengan menerapkan tips di atas.

Bila gejala yang Anda rasakan bertambah berat atau keluhannya berlangsung berlarut-larut hingga lebih dari 1 minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat menentukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer