26 C
Makassar
Rabu, Mei 25, 2022
BerandaHukrimBNN Ungkap Peredaran Sabu 5 Kilo Gram

BNN Ungkap Peredaran Sabu 5 Kilo Gram

PenulisM. Syawal
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELESKPRES.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Ditresnarkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel berhasil mengungkap pengendaran narkoba jenis sabu di Jalan Andi Pengeran Pettarani Kelurahan Lalebata, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap.

Tak tanggung-tanggung BNN Sulsel dan pihak kepolisian berhasil mengamankan lima kilo gram sabu dari tangan tiga orang pengedar yakni Nathony, Munawir, dan Donny. Dari keterangan pihak BNN, ketiganya diamankan di tiga tempat berbeda.

Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol Mardi Rukmianto, mengatakan bahwa pengungkapan kasus tersebut berawal saat tim gabungan BNN dan polisi mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Sidrap.

BACA: Legislator Sulsel Sosialisasi Pajak di Galesong

Pada Kamis 19 Juli 2018 tim gabungan tersebut langsung menuju ke Sidrap dan mengamankan Anthony di rumahnya. Hasil penangkapan pengedar sabu tersebut BNNP Sulsel mengamankan sekitar satu kilo gram sabu dalam kantong merah milik pelaku.

Kemudian, tim tersebut melakukan pengembangan hasil dari interogasi Anthony yang mengarahkan BNNP Sulsel dan Ditresnarkoba ke mahasiswa perguruan tinggi swasta di Sidrap. Mahasiswa bernama Munawir itu diamankan dirumahnya Jalan Lahalede Kelurahan Maccorawalie, Kecamatan Pancarijang.

BACA: Wahab Tahir Sebut Penyebar Surat BNN Sesat

“Hasil penangkapan Munawir mengamankan dua kilo gram. Yang menurut pelaku didapat dari AF yang saat ini masih dalam pencarian,” katanya, saat merilis kasus tersebut, Kamis (2/8/2018).

Setelah mengamankan dua tersangka tersebut. Kemudian kembali meringkus Donny pada Sabtu 21 Juli 2018 lalu yang menurut kedua pelaku adalah orang yang memerintahkan mereka dalam kasus peredaran sabu tersebut. Donny bertugas sebagai pengatur atau kordinator kurir.

BACA: BNN Curigai Melani Mustari Minum Obat Penawar

Donny diamankan di Jalan Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat di rumah keluarganya atas bantuan dari unit Polsek Cempaka Putih. “Dari penangkapan ketiga pelaku kami mengamankan 5 kilo gram narkotika golongan 1, sabu dari seharusnya 6 kilo gram,” katanya.

BACA JUGA :  BNN Sulsel Diam Soal Melani Mustari

Ketiganya disangkakan dengan pasal 114 ayat 2 dan 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman paling lama 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp10 miliar.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3