26.4 C
Makassar
Senin, Oktober 18, 2021
BerandaHealthCara Atasi Jerawat di wajah Wanita Hamil

Cara Atasi Jerawat di wajah Wanita Hamil

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Karena perawatan tidak bisa dilakukan sembarangan, seorang wanita disarankan untuk menggunakan pengobatan alami saja. Ada banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat tanpa harus memakai obat kimia yang sangat berbahaya untuk tumbuh kembang dari janin yang sedang dikandung.

Wanita yang hamil harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya termasuk di wajah. Dikutip dari DokterSehat.om, untuk perawatan di wajah khususnya yang memiliki jerawat bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini

Menggunakan cuka apel

Gunakan cuka apel yang sudah diencerkan dengan air suling atau air mineral. Setelah diencerkan, gunakan kapas untuk diaplikasikan ke wajah. Kulit yang berminyak berlebihan akan hilang dan berganti kulit yang kesat dan lebih kering. Lakukan metode ini kalau dibutuhkan atau saat kulit wajah terlihat berminyak.

BACA: Pekerjaan Aneh, Sekadar Tidur 60 Hari Bisa Dibayar Rp268 juta

Jangan sesekali menggunakan cuka apel yang tidak dicampur dengan air suling atau mineral. Kandungan asam yang terlalu tinggi bisa membuat kulit menjadi terlalu kering dan juga perih. Oh ya, saat pengaplikasian dilakukan dan Anda menemukan kulit menjadi sangat kering, ada baiknya untuk menghentikan metode ini.

Baking soda

Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan minyak dan menyembuhkan jerawat yang berlebihan. Sayangnya metode ini tidak begitu direkomendasikan oleh dokter kulit karena bisa memicu kondisi iritasi, rasa perih, dan mengangkat minyak lain di wajah yang juga berguna untuk melindungi permukaan dari infeksi bakteri yang mengganggu.

Metode ini hanya bisa digunakan kalau jerawat di wajah muncul dalam jumlah yang banyak. Kalau jerawat di wajah jumlahnya sedikit, tidak perlu digunakan. Pemakaiannya hanya dilakukan dengan mencampur satu sendok baking soda dengan air.

BACA: Badan Lemas saat Hamil, Ini Penjelasannya

Buah jeruk dan sejenisnya

BACA JUGA :  7 tanda tubuh kurang olahraga

Jus dari buah jeruk seperti lemon atau jeruk nipis bisa membuat pori-pori terbuka dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan vitamin C yang besar juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah meski menimbulkan rasa nyeri yang sangat kuat.

Aplikasikan jus jeruk ke wajah secara langsung. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih sampai terasa kesat. Kalau Anda tidak nyaman dengan rasa perih yang terjadi, encerkan jus jeruk yang digunakan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau VCO bermanfaat sebagai anti bakteri dan bisa menjaga kelembapan. Aplikasikan ke wajah khususnya ke area yang memiliki jerawat. Lakukan sebelum tidur lalu bilas esok hari.

Madu

Madu berguna untuk antiseptik. Madu bisa diaplikasikan secara langsung ke wajah tepat di area yang terdampak. Sebelumnya basahi wajah dengan air hangat. Kalau sudah nyaman di kulit oleskan madu dan diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

Mentimun dan oatmeal

Campur dua bahan ini hingga halus. Selanjutnya aplikasikan ke wajah agar perasaan dingin bisa meresap dan menurunkan inflamasi yang terjadi sehingga jerawat akan mudah kempes dan tidak menyebar ke mana-mana.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.064,5
EUR
16.313,5
JPY
123,0
KRW
11,9
MYR
3.382,5
SGD
10.430,7