24 C
Makassar
Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaHealthCara Memaksimalkan Asupan Zat Besi dari Sayuran

Cara Memaksimalkan Asupan Zat Besi dari Sayuran

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kebutuhan zat besi setiap oang umumnya berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Wanita dewasa umumnya membutuhkan asupan zat besi 18 mg per hari, ibu hamil 27 mg per hari, dan 9 mg untuk ibu menyusui.

Sementara itu, pria dewasa umumnya membutuhkan 8 mg per hari. Batas maksimal asupan zat besi untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari 45 mg setiap hari.

Karena tubuh menyerap zat besi paling baik dari produk hewani, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan asupan zat besi dari sayuran. Berikut ini adalah caranya:

BACA JUGA :  8 Sayur yang Mengandung Zat Besi Tinggi, Apa Saja?

Konsumsi sayuran yang mengandung zat besi bersamaan dengan asupan vitamin C atau vitamin A, seperti wortel, ubi jalar, labu, jeruk, atau melon

Batasi asupan kalsium, misalnya akibat mengonsumsi suplemen kalsium tanpa anjuran dokter, karena bisa menghambat penyerapan zat besi

Hindari konsumsi kopi dan teh saat makan karena bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 50–90%.

BACA JUGA :  Konsumsi Sayuran Ini Agar Cepat Sembuh Saat Terkena Flu

Mengonsumsi sayuran yang mengandung zat besi memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah anemia. Namun, pastikan Anda juga tetap mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi guna melengkapi nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Jika masih bingung menentukan jenis sayuran yang mengandung zat besi untuk Anda konsumsi sehari-hari, cobalah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik, termasuk jumlah asupannya yang tepat.

spot_img

Headline