22 C
Makassar
Thursday, June 20, 2024
HomeHealthCara Menenangkan Pikiran saat Cemas Menyerang

Cara Menenangkan Pikiran saat Cemas Menyerang

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Gangguan kecemasan terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari gangguan kecemasan menyeluruh, fobia, hingga serangan panik. Meski memiliki ciri yang berbeda, umumnya kondisi tersebut bisa ditangani dengan obat dan psikoterapi. Namun, ada pula cara menenangkan pikiran yang bisa kamu lakukan saat rasa cemas menyerang:

Tarik Napas Panjang dan Dalam

Bernapas panjang dan dalam bisa membantu tubuh dan pikiran lebih rileks dan mengurangi aktivitas saraf pada otak yang memicu munculnya rasa cemas. Saat kamu merasa cemas, tarik napas panjang dan dalam selama sekitar lima detik, tahan dan hembuskan kembali dalam hitungan waktu yang sama. Ulangi selama beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

Selalu Berpikir Positif

Rasa cemas berlebihan muncul karena pikiran negatif terhadap hal-hal yang bisa jadi belum benar atau belum tentu terjadi. Jika kamu mulai merasakan hal tersebut, cara menenangkan diri yang tepat adalah mulai menanamkan pikiran positif, sehingga kamu dapat berpikir lebih baik dan menemukan solusi yang tepat.

Lakukan Kegiatan yang Disukai

Tak hanya membantu mengurangi rasa sedih, melakukan hal-hal yang kamu sukai juga bisa membantu mengurangi stres dan rasa cemas berlebihan, lho! Dengan melakukan hal yang disukai, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang menjadi pereda stres alami. Lebih baik lagi jika kamu melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan, seperti olahraga, mendengarkan musik, atau meditasi.

Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Jangan memaksakan diri, sediakan lebih banyak waktu untuk kamu menyendiri dan melakukan banyak hal yang kamu senangi. Meditasi, pijat, berendam air hangat, atau berjalan-jalan ke tempat kesukaan. Jika memang diperlukan, matikan ponsel selama kamu me time sehingga kamu bebas dari gangguan.

Terkadang, rasa cemas yang berlebihan terjadi karena hormon stres dalam tubuh yang meningkat tanpa kamu sadari. Ini bisa terjadi karena pikiran, tekanan di pekerjaan atau hubungan dengan pasangan, faktor finansial, dan masih banyak lagi. Cara menenangkan pikiran tersebut bisa membantu kamu lebih tenang, sehingga stres dan kecemasan bisa berkurang.

Bercerita pada Orang Lain

Ketika sedang merasa cemas, tak sedikit orang yang memutuskan untuk menjauh dan menarik diri dari orang lain. Padahal, tidak ada salahnya, kok, bercerita pada orang terdekat tentang apa yang sedang kamu alami atau rasakan. Ini karena mereka bisa membantu mengurangi beban yang terasa berat untukmu.

Rasa cemas berlebihan yang tidak tertangani membuat kamu rentan mengalami masalah kesehatan mental yang serius. Jadi, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional,

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img