31 C
Makassar
Jumat, Maret 31, 2023
BerandaHealthCara Mengatasi Suara Hilang

Cara Mengatasi Suara Hilang

- Advertisement -
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Meskipun tidak berbahaya, suara hilang yang biasanya disertai dengan rasa gatal dan nyeri di tenggorokan, suara serak, serta batuk kering tentunya menimbulkan ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, cara mengatasi suara hilang yang ampuh secara medis maupun dengan penganan di rumah perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengatasi Suara Hilang secara Medis

Untuk mengatasi suara hilang secara medis, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan berikut ini sebagaimana dilansir dari laman Alodokter:

Kortikosteroid

Di dalam kotak suara, terdapat pita suara yang berperan dalam proses produksi suara. Ketika laringitis terjadi, pita suara ikut meradang dan menyebabkan suara hilang.

Pemberian obat kortikosteroid adalah cara mengatasi suara hilang yang tergolong ampuh karena obat ini mampu mengurangi peradangan pada pita suara.

Namun, kortikosteroid tidak dapat diberikan secara sembarangan. Obat ini biasanya diberikan kepada pasien dengan kondisi tertentu, misalnya anak-anak yang menderita croup atau orang yang menggunakan suara dalam pekerjaannya.

Antibiotik

Jika suara hilang disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik untuk memulihkan suara Anda. Namun, cara mengatasi suara hilang yang satu ini cukup jarang dilakukan. Sebab, suara hilang umumnya terjadi akibat infeksi virus.

Obat antinyeri

Obat antinyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen, kerap digunakan untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan yang biasa terjadi saat suara hilang.

BACA JUGA :  Appi-Cicu Perbanyak Saksi, RT/RW Dikerahkan Awasi Kecurangan di TPS

Agar perawatan suara hilang menjadi lebih efektif, pemberian obat-obatan juga bisa diikuti dengan terapi wicara. Terapi ini bertujuan untuk merawat dan mengurangi ketegangan pada pita suara.

Cara Mengatasi Suara Hilang di Rumah

Agar suara hilang segera pulih, ada berbagai cara mengatasi suara hilang secara alami yang bisa dilakukan untuk mendukung pengobatan medis, yaitu:

  • Konsumsi banyak air putih, jus, teh, atau kaldu hangat untuk meredakan iritasi pada tenggorokan.
  • Kumurlah dengan air garam untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan meredakan iritasi tenggorokan.
  • Hisap permen pelega tenggorokan agar tenggorokan tetap lembap.
  • Kurangi bicara, terutama berbicara dengan volume yang kencang atau dalam jangka waktu yang lama.
  • Hindari berbisik karena dapat menyakiti pita suara.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.
  • Jauhi paparan asap rokok, asap kendaraan, maupun debu di dalam ruangan.
  • Hentikan kebiasaan merokok, termasuk rokok elektrik (vape), karena memicu batuk dan memperparah iritasi tenggorokan.
  • Hentikan konsumsi obat yang menyebabkan tenggorokan menjadi kering, misalnya dekongestan.

Umumnya, suara hilang akan pulih dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu. Namun, jika berbagai cara mengatasi suara hilang telah dilakukan tetapi suara tak kunjung kembali dalam 2 minggu, bahkan disertai dengan nyeri dan kesulitan menelan, sesak napas, demam, atau batuk darah, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

spot_img

Headline

Populer