24 C
Makassar
Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaRagamCara Mengobati Sariawan yang Alami, Dijamin Ampuh!

Cara Mengobati Sariawan yang Alami, Dijamin Ampuh!

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bila sudah mengonsumsi makanan yang bisa membantu mengatasi sariawan, ada beberapa cara alami lainnya yang dapat mengatasi sariawan dengan mudah dan praktis,

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan seperti dilansir dari DokterSehat antaranya:

1. Madu

Madu bersifat antimikroba dan memiliki sifat penyembuhan luka. Berkat kandunganan madu ini akan mempercepat proses penyembuhan alami sariawan dan dapat mencegah infeksi. Manfaat madu juga bisa mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Caranya mudah, Anda cukup mengoleskan sedikit madu pada bibir atau mulut yang sariawan. Lakukan cara ini setiap beberapa jam sekali.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat meredakan sariawan secara alami karena komponen antimikroba – asam lemak rantai menengah. Minyak kelapa juga memiliki senyawa anti-inflamasi dan analgesik, yang akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat sariawan.

Caranya sama seperti pengobatan madu, oleskanlah minyak kelapa murni pada mulut.

Lakukan cara ini beberapa kali di siang hari. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan sebelum tidur.

3. Air Garam

Air memiliki efek menenangkan pada sariawan. Sementara garam memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kedua bahan tersebut dapat Anda padukan hingga larut, untuk dijadikan obat kumur.

Campurkanlah satu sendok makan garam dengan satu gelas air hangat, aduk hingga merata. Kemudian berkumurlah dengan air garam, lalu bilas mulut dengan air biasa untuk menghilangkan rasa asin. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

4. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai antiseptik yang digunakan baik secara topikal maupun internal untuk mengobati infeksi. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dalam kunyit dapat membantu mengatasi sariawan dengan cepat.

BACA JUGA :  Alkohol Bisa Timbulkan Asam Urat

Campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 1 sendok makan air, dan aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada sariawan dan biarkan selama dua hingga tiga menit sebelum membilasnya. Anda dapat mengoleskan kunyit setiap hari di pagi dan sore hari sampai sariawan sembuh.

5. Air Rebusan Kubis

Sayuran kubis memiliki senyawa anti-inflamasi dan mempercepat proses penyembuhan radang mulut. Bagaimana menggunakan kubis untuk sariawan?

Caranya, Anda harus merebus 1 kubis, tunggu hingga mendidih dan menyisakan air setengahnya. Saring hingga menghasilkan beberapa gelas dan dinginkan. Kemudian minum sebanyak 3 hingga 4 gelas dalam sehari.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7