25 C
Makassar
Kamis, Desember 2, 2021
BerandaRagamTas Ransel atau Selempang, Mana yang Baik Bagi Sehat?

Tas Ransel atau Selempang, Mana yang Baik Bagi Sehat?

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Menggunakan tas dalam membawa barang-barang setiap keluar rumah memang sangat membantu. Namun, hal demikian dapat berpengaruh pada kesehatan, terutama saat membawa beban terlalu berat.

Pada dasarnya, ransel atau tas punggung memiliki banyak bagian yang membuat isi tas Anda menjadi lebih teratur. Seperti yang dilansir dari laman Teens Health, via hellosehat.com, ransel adalah pilihan yang baik jika Anda membawa barang yang banyak dibandingkan tas selempang atau tas bahu.

BACA: 6 Penyebab Muntah Kuning

Hal ini dikarenakan penggunaan ransel akan membuat beban yang dibawa memiliki porsi yang seimbang pada otot terkuat manusia, yaitu otot punggung dan perut.

Terdapat sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa tas ransel lebih baik karena dapat mengurangi gejala nyeri punggung belakang dibandingkan jenis tas lain pada perempuan remaja.

Meski beban otot seimbang, barang bawaan yang terlalu berat akan membebani punggung sehingga tas bisa menarik tubuh Anda ke belakang. Anda pun akan memajukan tubuh pada bagian panggul dan lengkung tulang belakang. Akibatnya, postur tulang belakang jadi terganggu.

BACA: Banyak Minum Susu Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Pada Anak

Sebenarnya, kebingungan ketika memilih tas ransel dan selempang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membawa barang yang tidak begitu banyak dan ingin terlihat lebih modis, tas bahu atau tas selempang adalah jawabannya.

Jika lelah menyampirkannya di salah satu bahu saja, Anda dapat memegangnya dengan tangan dan memindahkan beban tersebut.

Meski demikian, membawa tas selempang dengan beban yang sangat berat dapat memengaruhi gaya berjalan Anda. Hal ini dikarenakan ketika berjalan, lengan dan kaki akan berayun dan membutuhkan keseimbangan yang baik.

BACA JUGA :  Suka Beramal, 4 Zodiak Ini Dikenal Paling Dermawan

Ketika beban dalam tas yang Anda bawa terlalu membebani salah satu bahu atau salah satu sisi tubuh, hal ini bisa mengganggu keseimbangan dan membuat Anda berisiko menderita sakit punggung.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.356,7
EUR
16.300,6
JPY
127,3
KRW
12,2
MYR
3.416,2
SGD
10.545,2