25 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaHealthCara Merawat Kulit Berminyak

Cara Merawat Kulit Berminyak

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Dalam melakukan perawatan kulit berminyak, kamu tidak bisa menyamakannya dengan perawatan kulit untuk jenis kulit lainnya. Sebab ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan. Nah, ini cara merawat kulit berminyak yang bisa kamu praktikkan:

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Mencuci wajah secara teratur (pagi dan malam) dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Namun penting juga untuk memiliki produk pencuci wajah yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak, misalnya dengan memiliki produk yang oil free. Kandungan yang dapat digunakan antara lain:

Asam salisilat.

Asam glikolat.

Asam beta-hidroksi.

Benzoil peroksida.

2. Gunakan Toner

Setelah kulit bersih dan bebas dari riasan, kotoran, dan minyak, kamu direkomendasikan untuk menggunakan exfoliate toner yang mengandung bahan seperti:

Asam salisilat.

Asam glikolat.

Asam laktat.

3. Tepuk-Tepuk Wajah Hingga Kering

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, disarankan untuk menepuk-nepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk lembut. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Mengusap kulit wajah dengan handuk atau secara kasar sangat tidak disarankan. Karena cara tersebut justru dapat merangsang kulit membuat lebih banyak sebum.

4. Gunakan Masker Wajah Sekali Seminggu

Masker wajah tertentu bermanfaat untuk merawat kulit berminyak. Bahan-bahan masker wajah yang cocok untuk kulit berminyak yaitu:

Clay. Masker mengandung mineral seperti smektit atau bentonit dapat menyerap minyak dan mengurangi tingkat kilap dan sebum kulit tanpa mengiritasi kulit. Gunakan masker hanya sesekali untuk mencegah kulit mengering, dan oleskan pelembap sesudahnya.

Madu. Sebuah studi melaporkan bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Masker wajah madu dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak, sekaligus menjaga kulit tetap lembut.

Havermut. Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit. Oat mengandung saponin, yakni senyawa pembersih yang lembut, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

5. Aplikasikan Pelembap Wajah

Melembapkan adalah langkah yang sangat penting jika kamu memiliki jenis kulit wajah berminyak. Perlu dipahami, meskipun berminyak kulit wajah tetap harus dilembapkan. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit. Hanya saja pemilik jenis kulit wajah berminyak harus lebih hati-hati memilih jenis pelembap yang digunakan.

Pastikan untuk memilih produk pelembab dengan kriteria berikut:

Ringan.

Bebas minyak.

Berbahan dasar air.

Kulit wajah berminyak juga berkaitan erat dengan kondisi genetik sehingga sulit dicegah. Bahkan kulit berminyak yang disebabkan oleh perubahan hormon juga lebih sulit untuk dikendalikan. Pencegahan terbaik untuk kulit berminyak adalah bagi seseorang yang menemukan rutinitas perawatan kulit yang konsisten yang berhasil, dan mentaatinya.

Banyak juga yang berasumsi bahwa pola makan berpengaruh pada kesehatan kulit. Hal ini benar adanya, sehingga pastikan untuk tetap terhidrasi, menghindari makanan berminyak dan lemak trans, dan konsumsi makanan sehat.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline