28 C
Makassar
Kamis, Juli 7, 2022
BerandaHealthCara Mudah Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kebutuhan cairan tubuh bisa berbeda-beda tergantung usia, berat badan, lingkungan tempat tinggal, dan jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Kalau dihitung-hitung setiap harinya dengan aktivitas normal, orang dewasa mengeluarkan cairan 1300–3500 ml.

Sementara itu, untuk orang yang aktif secara fisik, atau rutin berolahraga, cairan yang dibutuhkan tubuh lebih banyak ketimbang yang melakukan aktivitas biasa. Idealnya, 30 menit berolahraga membutuhkan cairan sebanyak 350 ml.

Perlu diketahui bahwa cairan yang dibutuhkan tubuh tidak hanya berasal dari air putih saja. Makanan dan minuman selain air putih juga mengandung cairan yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang menyepelekan kebutuhan asupan cairan dalam tubuh sehingga sering melewatkan minum air putih. Kealpaan ini biasa terjadi pada pekerja kantoran yang duduk manis 9 to 5 sehingga tak terasa, separuh hari sudah terlewati tanpa menenggak air.

Memahami betapa pentingnya cairan yang dibutuhkan tubuh tetap berada dalam asupan yang ideal, membuat kamu tidak boleh anggap sebelah mata mengenai ini.

Supaya kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi setiap hari, berikut ada beberapa trik yang bisa diterapkan:

1. Bangun Tidur Langsung Minum Air Putih

Mengawali hari dengan minum air putih adalah salah satu trik jitu supaya kamu tidak kehilangan kebutuhan cairan tubuh. Biasanya ketika sarapan, kamu cenderung untuk minum teh atau kopi dan lupa untuk minum air putih.

Oleh karena itu, cobalah untuk sediakan air di dekat tempat tidur, untuk diminum saat bangun tidur.

2. Makan Sayur Berkuah

Seperti dikatakan tadi, asupan cairan tidak hanya bisa dipenuhi dengan minum air putih saja. Terutama bagi orang yang malas minum air putih, cobalah untuk makan sayur berkuah di setiap waktu makan.

3. Ngemil Buah

Makanan yang mengandung tinggi serat biasanya juga memiliki kandungan cairan yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, seperti buah apel, jeruk, pepaya dan anggur.

Selain itu, kandungan cairan pada buah-buahan dapat tersimpan lebih lama di tubuh sehingga tubuh memiliki waktu lebih lama untuk menyerap vitamin, mineral dari buah-buahan tersebut.

4. Tambahkan Perasan Jeruk di Air Putih

Jika kamu kesulitan minum air putih sepanjang hari, cobalah tambahkan perasan atau irisan jeruk nipis, lemon, atau jeruk apa saja. Lalu, simpan dalam botol di kulkas agar dingin.

Kamu juga bisa menambahkan aneka buah lain dan menjadikannya infused water. Dengan cara ini, kamu bisa minum air putih yang menyegarkan, tanpa terasa menyiksa.

5. Selalu Bawa Botol Air Minum ke Mana pun

Membawa botol air minum pribadi juga bisa jadi cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kamu bisa cari botol minum dengan model atau warna yang kamu suka, agar bisa lebih semangat untuk minum. Lalu, pastikan untuk membawa botol ini ke mana pun pergi, ya.

6. Gunakan Aplikasi Pengingat

Saat ini, ada banyak aplikasi pengingat minum air putih yang bisa diinstall di ponsel. Cobalah untuk menggunakan aplikasi ini, agar kamu bisa diingatkan untuk minum setiap beberapa waktu dalam sehari. Ini bisa jadi cara yang bagus bagi kamu yang sibuk dan suka lupa minum air putih.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline