28 C
Makassar
Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaMetropolisDanny Pilih Kendalikan Sampah Plastik Ketimbang Melarang Menggunakan

Danny Pilih Kendalikan Sampah Plastik Ketimbang Melarang Menggunakan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, mengatakan bahwa lebih memilih mengendalikan sampah plastik ketimbang mengeluarkan larangan penggunaan plastik di Kota Makassar.

“Ada orang bertanya, kenapa Makassar belum mendeklarasi Makassar Bebas Plastik. Kami lebih kepada paham bahwa plastik itu harus dikendalikan. karena yang lain itu tidak ada bank sampahnya,” katanya, saat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 di Kota Makassar, Minggu (24/2/2019).

Baca: Jadi Pemicu Penyakit, Pemprov Keluarkan Surat Edaran Tidak Gunakan Kemasan Plastik

Dia mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan program unggulan Makassar yakni Makassar Tidak Rantasa (MTR). MTR selalu relevan dengan semangat-semangat Indonesia mengurangi bahkan bebas sampah, khususnya plastik.

Bank sampah (TPS3R) di Kota Makassar mengelola plastik. Jika itu berjalan dengan baik, maka akan membawa dampak yang baik pula, Karena sampah plastik punya nilai ekonomis.

“Persoalanya tinggal bagaimana plastik tidak menjadi polutan baik di air, tanah, maupun di udara,” jelasnya.

Baca: Danny Larang ASN Gunakan Bahan Plastik di Kantor

Sehingga, menurutnya pengendalian sampah plastik jauh lebih baik ketimbang gerakan bebas sampah plastik. Tapi, yang jauh lebih penting adalah mengubah tindakan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Jadi ada mainset yang salah. Padahal yang penting bukan membersihkan sampah, tapi mengurangi sampah dengan tidak membuang sampah,” sebut Danny.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA :  PSBB Berakhir, PJ Walikota Makassar Terbitkan Perwali Baru 
spot_img

Headline