31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaCitizenDD Sulsel Gelar Halaqah Akbar ke-10 di Jeneponto

DD Sulsel Gelar Halaqah Akbar ke-10 di Jeneponto

- Advertisement -

JENEPONTO, SULSELEKSPRES.COM – Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) Sulsel gelar Halaqah Akbar X Forum Halaqah Qur’an (FHQ) sekaligus dirangkaikan dengan wisuda 11 santri FHQ dan peresmian kelompok FHQ An Najm di Masjid Agung, Jeneponto pada Kamis (6/1/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari santri-santri FHQ maupun dan tamu undangan yaitu Ketua Majelis Ulama Jeneponto, Ketua BAZNAS Jeneponto, KUA Jeneponto, dan tokoh-tokoh agama lainnya.

Melalui kegiatan ini Cordofa Sulsel mengajak masyarakat Jeneponto khususnya santri FHQ untuk meningkatkan kecintaan dan mendalami Al-Qur’an. Sebagaimana yang diketahui Alquran adalah kitab suci utama dalam agama islam dan sebagai seorang muslim mencintai Alquran adalah suatu kewajiban.

Melaui Forum Halaqah Quran ini menjadi wadah untuk momotivasi dan mendorong masyarakat baik muda maupun tua untuk terus mempelajari dan mendalami Alquran. Ust. Abdurrahman selaku pembina FHQ Jeneponto, mengatakan perkembangan FHQ di Jeneponto sangat pesat dan saat ini sudah ada 700 santri yang tergabung dalam kelompok-kelompok FHQ dan masih akan terbentuk kelompok FHQ baru yang menunggu untuk dilaunching salah satunya adalah kelompok FHQ An Najm yang baru akan diresmikan hari ini.

BACA JUGA :  Kiper PSM Asal Jeneponto Dipanggil Perkuat Timnas U-22

FHQ Kabupaten Jeneponto adalah forum pengajian alquran kedua setelah FHQ Jabodetabek. Semangat dan kecintaan warga Jeneponto pada Alquran sangatlah tinggi, terlebih seluruh lapisan masyarakat di Jeneponto mulai dari pejabat pemerintahan hingga masyarakat umum bersama-sama belajar Alquran. Dapat dikatakan bahwa FHQ di Jeneponto termasuk FHQ yang sukses dan selalu kami jadikan contoh untuk FHQ di tempat lain.

Adapun sebanyak 11 santri berhasil diwisuda setelah melewati serangkaian masa pembelajaran selama 1,5 tahun diantaranya Kelas Baghdadiyah, Tahsin 1 dan 1, Takhassus, dan Tahfidz.

Sementara itu Pimpinan Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat menyampaikan bahwa FHQ adalah salah program dakwah yang dijalankan oleh Cordofa yang merupakan salah satu program-program dari Dompet Dhuafa Sulsel. Rahmat juga memiliki harapan bahwa semakin banyak masyarakat Jeneponto bisa terlibat dalam kebaikan ini. Tidak hanya dalam bidang dakwah namun juga dapat terlibat dalam program Dompet Dhuafa Lainnya yaitu bidang Ekonomi, Sosial, Kemanusiaan, dan Pendidikan.

BACA JUGA :  Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Ini Harapan Irwan Zulfikar

Kegiatan Halaqah Akbar ditutup dengan pemberian donasi senilai 71 Juta Rupiah kepada Pesantren Roudthatul Jeneponto dan Masjid An Najm Jeneponto yang merupakan masjid dan pesantren para santri penghafal Alquran.

spot_img

Headline