23 C
Makassar
Selasa, April 20, 2021
BerandaHeadlineDLH Sebut Kebakaran di TPA Antang Akibat Gas Metan

DLH Sebut Kebakaran di TPA Antang Akibat Gas Metan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kebakaran yang terjadi di Tempat pembuangan akhir (TPA) Antang,  dinilai oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menyebut penyebab kebakaran itu dipicu dari gas metan dan cuaca panas.

“Karena panasnya ini kemarin sehingga gas metan yang di sana itu langsung keluar. Ini kan panas cuaca. Karena sampah itu kan ada gas metannya. Itu kalau panas begini, sedikit saja pengantar ke situ, seperti kaca kena cahaya ada kertas dekatnya langsung terbakar,” kata Plt Kadis DLH Kota Makassar, Iskandar, Senin (16/9/2019), dilansir dari detikdotcom.

Dia menyebut kebakaran di TPA Antang tidak dapat diprediksi. Iskandar mengatakan TPA Antang memiliki luas 19 hektare dan berisi jutaan kubik sampah, yang telah beroperasi sejak tahun 1993.

Dia menyebutkan seharusnya masyarakat sudah dapat melakukan pemilahan jenis sampah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di TPA Antang. Dia mengingatkan keberadaan bank sampah yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Masyarakat harusnya pilah karena masih ada sampah yang dibuang itu masih punya nilai. Kan juga ada bank sampah jadi ada nilai rupiahnya,” kata Iskandar.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di TPA sampah di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (15/9/2019). Banyaknya asap kebakaran TPA ini juga membuat sejumlah sekolah di sekitar TPA meliburkan siswanya, termasuk warga yang tinggal di sekitar lokasi, terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Sejumlah armada pemadam kebakaran yang dikerahkan, melakukan pemadaman hingga dini hari, dan kini meski tidak ada lagi titik api, tetapi masih menyisahkan asap.

- Advertisment -

Headline