27 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaDaerahDukcapil Bone Siapkan Loket Khusus Aktivasi IKD

Dukcapil Bone Siapkan Loket Khusus Aktivasi IKD

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone menyiapkan loket khusus aktivasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD).

Hingga saat ini, sekitar 800 warga Bone telah menggunakan KTP Digital atau mengaktivasi IKD ini.

Kepala Dinas Dukcapil Bone Andi Saharuddin mengatakan, penggunaan KTP Digital dengan IKD mempermudah pelayanan masyarakat. Seperti saat KTP fisik rusak atau tercecer, salah satu solusinya adalah dapat memperlihatkan IKD tersebut.

BACA JUGA :  PAN Dorong Warga Yang Dipalsukan KTP Lapor ke Polisi 

“IKD ini adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai/hp yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan,” katanya kepada sulselekspres.com, Sabtu (14/1/2023).

Mantan Camat Tanete Riattang ini menyebutkan, kurang lebih 800 warga di Kabupaten Bone telah melakukan aktivasi IKD tersebut. Mereka terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari ASN, mahasiswa, masyarakat umum termasuk insan pers.

“Sudah banyak yang melakukan aktivasi. Datang maki ke kantor Capil, karena loket khusus yang kami siapkan untuk aktivasi IKD nya,”ungkapnya.

BACA JUGA :  1 Juta Data Kependudukan Ganda

Hingga saat ini, lanjut, kata Andi Saharuddin, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi maupun aktivasi IKD secara bertahap.

“Untuk tahap pertama yang menjadi prioritas adalah jajaran Dukcapil dari pusat hingga daerah. Kemudian tahap kedua seluruh ASN kab/kota, ketiga mahasiswa dan keempat baru masyarakat umum. Dan identitas kependudukan digital ini disosialisasikan secara nasional,” lanjutnya.

Ia juga menyebutkan dengan KTP digital atau IKD ini, bukan berarti fisik KTP el yang dimiliki masyarakat tidak berlaku. KTP el masih tetap digunakan untuk mengakses berbagai kebutuhan layanan.

Terkait perubahan data, tetap dilakukan di Dinas Dukcapil. Namun perubahan data tersebut akan otomatis terupdate pada data kependudukan digital dalam gawai masing-masing.

spot_img

Headline

Populer