27 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaOlahragaEmpat Tim Serie A Italia Perebutkan Tiket Liga Champions di Laga Terakhir

Empat Tim Serie A Italia Perebutkan Tiket Liga Champions di Laga Terakhir

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Beberapa tim Serie A Italia akan melakoni laga terakhir mereka di kampanye musim 2018/2019 ini pada hari Senin (27/5/2019) dini hari WITA nanti.

Pada kampanye musim ini, Juventus sudah dipastikan keluar sebagai juara jauh-jauh harinya sebelumnya. Dengan begitu Juventus dipastikan akan mengisi satu slot Liga Champions Eopa musim 2019/2020.

Selain Juventus, satu tiket lainnya sudah dikunci oleh Napoli yang keluar sebagai runner up musim ini. Napoli mengulang kesuksesan musim lalu yang sukses finish kedua di kompetisi ini, tetapi gagal di Liga Champions Eropa dan Liga Europa.

Baca juga:

Guardiola Kabarnya Akan Diperkenalkan Juventus Pada 04 Juni Mendatang

Cristiano Ronaldo Terlibat Perkelahian Dengan Pemain AS Roma

Serie A Italia yang mendapat empat kursi di ajang kompetisi tertinggi klub sepak bola Eropa ini masih menyisakan dua slot lagi. Dua tiket tersebutlah yang akan diperebutkan oleh empat tim.

Dari empat tim tesebut, dua raksasa asal kota Milan, AC Milan dan Inter Milan turut ambil bagian dalam perebutan. Selain duo Milan, ada juga nama tim serigala ibukota AS Roma.

Baca: Hasil Seri A Liga Italia: Ronaldo Cetak Gol, Juventus Kokoh Diklasemen Sementara

Roma yang sebelumnya menjadi langganan kompetisi tersebut, kini harus mempertaruhkan laga terakhir demi kembali berlaga dan membuktikan diri sebagai tim besar Eropa.

Yang paling mengejutkan adalah munculnya satu tim kuda hitam dalam perebutan tiket tersebut. Tim tersebut bukan Lazio, Fioentina, atau Torino. Tetapi justru tim yang tidak diunggulkan sama sekali, Atalanta.

Atalanta tampil impresif musim ini setelah keluar sebagai tim dengan produktivitas terbaik di Serie A. Selain itu, striker merreka, Duvan Zapata, juga masuk kandidat top score setelah mengantarkan timnya bertengger di posisi tiga klasemen sementara Serie A Italia.

Baca: Hasil Seri A Liga Italia: Ronaldo Cetak Gol, Juventus Kokoh Diklasemen Sementara

Meski begitu, du Milan masih menjadi unggulan untuk merebut dua tiket sisa. Intermilan saat ini berengger di posisi keempat, atau di zona terakhir Liga Champions Eropa dengan raihan 66 poin dari 37 laga.

BACA JUGA :  Jadwal Sepakbola Malam Ini: Sassuolo vs AC Milan, Villarreal vs Real Valladolid

Sementara saudara sekota mereka, AC Milan sedikit lebih sulit, sebab I Rossoneri saat ini bertengger di posisi kelima klasemen sementara dengan 65 poin dari 37 pertandingan.

Selain itu, AS Roma yang saat ini berada di posisi keenam klasemen sementara, mengoleksi 63 poin. Jika Roma berhasil menang atas Parma pada laga terakhir di markas mereka, Stadio Olimpico, maka mereka harus memastikan tiga tim di atasnya kalah lewat skor besar.

Baca: Karena Keuangan, Manchester City Terancam Tak Ikut Liga Champions Semusim

Akan tetapi hal itu tampaknya sulit terjadi, sebab tiga tim di atasnya terbilang cukup mudah dalam menjalani laga terakhir. Atalanta yang saat ini memiliki pon sama dengan Inter Milan dan satu poin di atas AC Milan, tentu sedikit was-was. Pasalnya mereka akan menghadapi tim sepadan Sassuolo di markas mereka, MAPEI Stadium-Citta del Tricolore.

Satu-satunya tim yang sangat diunggulkan adalah Internazionale Milan. Selain saat ini dirinya masih berada di zona Champions, lawan yang akan dihadapi Nerazuri juga terbilang mudah. Pasukan Luciano Spaletti akan memainkan laga kontra Empoli di Giuseppe Meazza.

Sementara tim satu kota Inter Milan, AC Milan, saat ini sedang berada di situasi genting. Milan akan menjadi satu-satunnya tim yang terlibat dalam perebutan tiket Champions, yang akan bermain di luar kandang.

Baca: Juara Liga Inggris, Manchester City Terancam Tidak Tampil di Liga Champions

Pasukan Gennaro Gattuso akan bertandang ke markas tim papan tengah Serie A Italia, SPAL, Stadio Paolo Mazza, Senin (27/5/2019) dini hari WITA. Meski begitu Milan berrpeluang menang, sebab dalam lima pertemuan terakhir mereka, Milan unggul lewat tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

BACA JUGA :  Klasemen Liga Italia Usai Juventus Tekuk Napoli, Bianconeri di Ambang Juara

Jika keempat tim kompetitor sama-sama meraih kemenangan, maka tiket Champions akan jatuh ke tangan Atalanta dan Inter Milan. Tetapi jika Atalanta dan Inter Milan bermain imbang, kemudia AC Milan menang, maka tiket Liga champions akan menjadi milik AC Milan dan Atalanta.

Baca: Hasil Seri A Liga Italia: Inter Milan Menang atas Sampdoria, Berikut Klasemen Sementara

Kalau Atalanta kalah, AC Milan dan Inter Milan menang atau Imbang, maka tiket Champions menjadi milik duo Milan, sebab AC Milan unggul head to head atas Atalanta.

Akan tetapi situasi sulit akan teradi jika Atalanta dan Inter Milan kalah, AC Milan Imbang dan AS Roma menang. Jika hal itu terjadi, maka keempat tim akan memiliki poin yang sama, yaitu 66 poin.

Maka penentuan siapa yang akan ke Liga Champions akan ditentukan lewat perolehan head to head keempat tim. jika head to head mereka sama, maka akan ditentukan lewat keunggulan produktivitas gol.

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img

Headline