24 C
Makassar
Senin, November 29, 2021
BerandaEdukasiFestival Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa, Peluang Usaha di Masa Pandemi

Festival Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa, Peluang Usaha di Masa Pandemi

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Puluhan stan milik mahasiswa dari tiga kampus di Bone mengikuti Festival Inovasi kewirausahaan Mahasiswa (FIKMA) yang dipelopori Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone di Aula Gedung Sao Deceng Dinas Pekerjaan Umum pada Kamis (11/11/2021).

Terdiri dari 33 kelompok dari Poltek KP Bone, 12 Kelompok dari Universitas Muhammadiyah Bone serta 2 kelompok dari Universitas IAIN Bone. Hadir juga 2 kelompok dari Alumni Poltek KP Bone dengan produk olahan dari ikan.

Direktur Poltek KP Bone Ani Leilani mengatakan, kegiatan ini sudah terprogram sesuai arahan Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwa 10 persen dari taruna/i diharapkan bisa menjadi wirausaha muda.

“Dengan kegiatan ini akan memberi ruang untuk bisa berusaha dan mengembangkan usahanya,”ungkapnya.

BACA JUGA :  Pembelajaran Tatap Muka di Bone Ditunda

Sementara itu, Kadis Pariwisata Andi Promal Pawi siap menjadikan FIKMA bagian dari ekonomi kreatif sekaligus mempertajam inspirasi untuk membangun inovasi dengan memanfaatkan potensi alam di Bone.

Adapun inovasi usaha yang dibuat oleh taruna madya diantaranya pembuatan pakan alami ikan dari maggot flour, alarm kapal yang diperuntukkan oleh nelayan, amplang dan tumping-tumping bandeng, budidaya belut air bersih tanpa lumpur di kolam terpal, pakan fermentasi ampas tahu untuk ikan laut, pupuk cair kompos dari mangrove, dan lip care dari rumput laut.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bone, Hj.A.Nurmalia, SH,M.H, Ketua HIPMI, H Bachtiar, SE dan perwakilan pimpinan Bank BSI.

BACA JUGA
PenulisYusnadi
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3