23 C
Makassar
Jumat, April 16, 2021
BerandaEkbisHarga Emas Melambung Tinggi

Harga Emas Melambung Tinggi

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Suhu perang dangan antara China dan Amerika Serikat (AS) tak bisa dibendung. Aksi pemerintah China yang melawan balik ancaman pengenaan tarif dari Amerika Serikat (AS) menghancurkan pasar keuangan tetapi melambungkan harga emas di pasar global.

Berdasarkan data CNBC Indonesia, emas pada penutupan pasar keuangan global dini hari tadi (24/8/19) menunjukkan harga emas di pasar spot dan harga kontrak emas di pasar New York Mercantile Exchange, Inc (Comex) kompak menembus rekor yang baru terjadi pada 15 Agustus dan menjadi titik tertinggi baru sejak 11 April 2013. Tepatnya, harga emas spot tembus US$ 1.526 per troy ounce (oz) dan emas Comex mencapai US$ 1.537/oz.

BACA: Pasca Sidak, Pendapatan Pedagang Pasar Segar Menurun Sampai 50%

Harga emas spot itu naik 0,82% dari posisi US$ 1.513/oz pada Jumat pekan lalu sedangkan emas Comex naik lebih kencang yaitu 0,92% dari US$ 1.523/oz pada periode yang sama.

Alhasil, harga instrumen investasi emas di dalam negeri yaitu emas Antam turut melompat tinggi hari ini mengekor harga emas dunia, meskipun belum mencapai rekor tertinggi yang terjadi pada 16 Agustus, tepatnya menjadi Rp 716.000 per gram. Harga itu naik 1,99% dari posisi kemarin Rp 702.000 per gram.

Berdasarkan harga Logam Mulia di butik emas Jakarta Pulo Gadung di situs logammulia hari ini (24/8/18), harga tiap batang emas Antam ukuran 100 gram yang menjadi acuan pasar melonjak menjadi Rp 71,6 juta per batang dari harga kemarin Rp 70,2 juta per batang. Setiap Sabtu, gerai dan butik emas Antam masih tetap buka hingga siang hari dan harganya masih tetap dikinikan pada akhir pekan.

BACA: Belajar Bisnis Sejak Dini Ala SDIT Insantama

Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam hari ini juga naik menjadi Rp 692.000 per gram, naik dari posisi harga buyback Rp 679.000 per gram kemarin. Harga itu menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut.

- Advertisment -

Headline