25 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaHealthKaitan antara Buah dan Daya Tahan Tubuh Anak

Kaitan antara Buah dan Daya Tahan Tubuh Anak

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Buah-buahan merupakan jenis makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan anak dan bisa membantu agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Oleh karena itu, kebiasaan makan buah harus ditanamkan sejak dini.

Sayangnya, tidak semua anak menyukai buah, bahkan sebagian anak sampai menolak untuk mengonsumsinya. Nah, jika Si Kecil termasuk yang tidak suka makan buah, Bunda tidak perlu terlalu khawatir, ya. Membujuk anak untuk mau makan buah memang perlu trik khusus. Salah satu caranya adalah dengan mengolah buah menjadi jus.

Buah umumnya mengandung nutrisi tertentu, seperti serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zinc, magnesium, seng, fosfor, dan asam folat. Semua nutrisi ini berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh anak.

BACA JUGA :  Ini yang Terjadi Jika Sering Bentak Anak

Vitamin C yang terkandung di dalam buah sudah diketahui sejak lama mampu meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang akan menghasilkan antibodi untuk membasmi virus, bakteri, dan mikroorganisme yang menyerang tubuh.

Vitamin ini juga meningkatkan kadar interferon dan sitokin yang berperan penting dalam melawan infeksi dan mengaktifkan sel-sel imun tubuh. Selain itu, sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Inilah alasan mengapa vitamin C merupakan nutrisi yang sering diandalkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk pada anak-anak.

Pilihan Buah untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak
Berikut ini adalah beberapa pilihan buah yang bisa Bunda berikan kepada Si kecil untuk menjaga daya tahan tubuhnya:

1. Guava

Guava atau jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C. Dalam 100 gram guava, terkandung sekitar 228 mg vitamin C. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C anak.

Selain itu, di dalam guava juga terkandung flavonoid yang akan menjaga dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

spot_img

Headline