25 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaHealthKenali Ciri-Ciri Kurap

Kenali Ciri-Ciri Kurap

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kurap bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk badan, kaki, tangan, kuku, kulit kepala, jenggot, atau selangkangan. Ciri-ciri kurap biasanya muncul sekitar 4–14 hari setelah kulit bersentuhan dengan jamur penyebab kurap.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ciri-ciri kurap tergantung pada bagian tubuh yang terinfeksi. Meski begitu, ciri-ciri kurap umumnya meliputi:

1. Ruam berbentuk cincin

Ciri-ciri kurap bisa dikenali dengan munculnya ruam atau bercak kemerahan yang berbentuk seperti cincin. Pada kulit yang cenderung gelap, bercak tersebut umumnya berwarna cokelat atau keabu-abuan.

Ruam berbentuk cincin akibat infeksi jamur ini umumnya memiliki warna yang lebih terang di bagian tengahnya dan bentuknya lebih tinggi dari kulit sekitarnya. Jumlah ruam dapat lebih dari satu dan ukurannya bisa meluas.

BACA JUGA :  Dampak Merokok bagi Kulit

2. Kulit gatal, bersisik, dan pecah-pecah

Selain ruam, ciri-ciri kurap lainnya adalah kulit yang gatal, bersisik, dan pecah-pecah. Pada kondisi yang parah dan tidak diobati hingga tuntas, infeksi jamur di kulit ini bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri sehingga kulit dapat melepuh dan bernanah.

3. Kuku menebal dan berubah warna

Kurap bisa terjadi di satu atau beberapa kuku kaki dan tangan. Ciri-ciri kurap pada kuku biasanya diawali dengan penebalan jaringan di bawah kuku dan warna kuku menguning. Setelah itu, kuku bisa menghitam dan menebal. Kuku yang menebal lama-kelamaan bisa retak dan terangkat dari dasar kuku.

4. Rambut rontok

Kurap yang muncul di kulit kepala dan jenggot bisa menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata hingga kebotakan. Namun, rambut yang rontok ini biasanya dapat tumbuh kembali ketika kurap di kepala diobati dengan baik.

Cara Mengatasi Kurap

Kurap yang ringan biasanya sembuh dengan penggunaan krim atau salep kurap. Beberapa jenis obat oles yang umum diresepkan oleh dokter untuk mengobati kurap meliputi:

Clotrimazole
Miconazole
Terbinafine

Namun, kurap di bagian kulit kepala umumnya tidak diobati dengan obat oles, melainkan dengan obat antijamur minum dan sampo yang diresepkan oleh dokter.

Selain penggunaan obat antijamur untuk kurap, penderitanya juga perlu melakukan beberapa langkah berikut ini untuk membantu penyembuhan dan mencegah penularan kurap:

Cuci tangan setelah menggunakan obat kurap atau menyentuh area kulit yang terinfeksi.

Hindari menggunakan barang pribadi, seperti handuk atau baju, secara bersamaan dengan orang lain.

BACA JUGA :  Ciri-Ciri Kurap Akan Sembuh

Segera mandi dan berganti baju setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang memicu banyak keringat.

Pakai sendal ketika hendak mandi di kamar mandi umum.

Gunakan kaos kaki yang mudah menyerap keringat saat memakai sepatu.

Cuci tangan dengan air dan sabun mengalir setelah menyentuh hewan peliharaan.

Bersihkan kandang hewan dan tempat kotorannya secara rutin.

Setelah mengetahui ciri-ciri kurap dan cara mengobatinya, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami tanda-tandanya. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

spot_img

Headline

Populer