27 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeHealthManfaat Cukup Minum Air Putih saat Puasa

Manfaat Cukup Minum Air Putih saat Puasa

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Tak sekadar air putih biasa, air mineral memiliki banyak kandungan mineral yang mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh dapat beraktivitas seperti biasa saat bulan Ramadan. Beberapa manfaat cukup minum air putih saat puasa yaitu:

Membuat Energi Tubuh Terjaga

Dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh ketika puasa bisa mengakibatkan kelemahan otot. Dampaknya, kamu pasti akan merasa mudah lemas, lelah, dan kehilangan energi. Mengonsumsi air mineral dengan kandungan kalium punya peran penting untuk mengaktifkan otot dan saraf.

Inilah mengapa, memenuhi asupan cairan harian tubuh selama puasa membantu kamu tetap terhidrasi. Jadi, kamu bisa tetap beraktivitas dengan lancar meski sedang berpuasa.

Membantu Menjaga Metabolisme Tubuh

Mencukupi asupan cairan harian selama puasa membuat metabolisme tubuh tetap terjaga. Ini karena kandungan mangan, krom, dan magnesium dalam air mineral mampu membantu membuat metabolisme nutrisi yang didapat dari makan sahur dan buka lebih optimal.

Meski demikian, tetap pastikan untuk aktif bergerak dan rutin olahraga supaya metabolisme tubuh meningkat. Tak hanya itu, kamu harus tetap cukup istirahat, konsumsi makanan sehat, dan menghindari stres.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Selain menjaga metabolisme tubuh, memenuhi asupan cairan harian saat puasa juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebab, keluhan maag dan sembelit kerap terjadi selama bulan puasa.

Chloride yang terkandung dalam air mineral bisa membantu mempercepat kerja lambung sekaligus meningkatkan kerja usus dan produksi empedu untuk mengolah makanan. Alhasil, kerja sistem pencernaan menjadi lebih efektif.

Selain itu, air juga bisa melancarkan usus besar yang membuat kamu tetap lancar buang air besar selama puasa. Meski begitu, imbangi dengan asupan serat cukup, yaitu perbanyak asupan buah dan sayur.

Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

Kulit kering menjadi salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi. Inilah sebabnya kamu harus tetap minum minimal 8 gelas setiap hari untuk membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam, terutama selama bulan puasa.

Memang benar, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin minum air putih selama berpuasa. Meski begitu, kamu tetap harus cermat memilih air mineral yang tepat, sehingga kamu terhindar dari keracunan zat kimia. Air mineral yang baik seharusnya tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img