24 C
Makassar
Jumat, Desember 2, 2022
BerandaHealthManfaat Mengonsumsi Mangga

Manfaat Mengonsumsi Mangga

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Selain membantu menurunkan berat badan, berikut ini adalah beberapa manfaat mangga lainnya, yaitu:

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kesehatan yang paling terkenal dari mangga adalah kemampuannya untuk melawan kanker. Kandungan mangiferin xanthone dalam mangga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini melindungi tubuh dari kanker paru-paru, otak, payudara, leher rahim, dan prostat, serta leukemia.

2. Baik untuk Pengidap Diabetes Bila Tidak Dimakan Berlebihan

Mangga memiliki indeks glikemik rendah (sekitar 50), yang berarti mangga akan melepaskan gula ke dalam darah secara perlahan. Proses ini dapat mencegah lonjakan tiba-tiba kadar glukosa darah, yang membantu pengidap diabetes.

Serat makanan dalam mangga juga membantu mengatur kadar gula darah. Begitu juga mangiferin dalam mangga yang memiliki potensi antidiabetes.

3. Baik untuk Pencernaan

Mangga kaya akan amilase yang membantu dalam pemecahan molekul makanan besar, sehingga meningkatkan penyerapannya dalam tubuh.  Dengan demikian, mangga baik untuk pencernaan, dimana kandungan serat makanannya membantu membersihkan usus.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mangga kaya akan vitamin A yang membantu tubuh melawan berbagai infeksi.  Mangga juga mengandung vitamin C dalam jumlah sedang sehingga bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan berbagai infeksi dan penyakit dengan memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih.

5. Melawan Kolesterol Jahat & Penyakit Jantung

Mangga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh, karena tingginya jumlah serat makanan dan vitamin C.

Mangga juga kaya akan pektin, serat yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah. Dengan demikian, mangga menunjukkan efek perlindungan pada jantung.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer