31 C
Makassar
Thursday, June 13, 2024
HomeOlahragaMapala Umi Gelar Kompetisi Panjat Dinding Tingkat Nasional, Total Hadiah 70 Juta...

Mapala Umi Gelar Kompetisi Panjat Dinding Tingkat Nasional, Total Hadiah 70 Juta Rupiah

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar bakal menggelar kompetisi panjat dinding tingkat nasional, berlangsung tanggal 1 hingga 4 Juli 2024.

Ketua umum MAPALA UMI, Ir. H. Richard M. Nur Pombo mengatakan, turnamen nasional ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan. Serta mendapat dukungan penuh dari pihak kampus dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

“Pertama kita laksanakan tahun 2005, dan Alhamdulillah kali ini kita laksanakan di Kampus UMI yang bersifat nasional. Alhamdulillah beberapa kegiatan didukung penuh pihak kampus, didukung FPTI Sulsel, didukung FPTI Pusat,” kata Richard, Sabtu, (1/6/2024).

Richard menyebutkan, kegiatan ini akan diikuti peserta yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia dengan memperebutkan total hadiah puluhan juta.

Adapun peserta yang sudah mengkonfirmasi keikutsertaannya, yakni, Manado, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah hingga Banten.

“Ini kegiatan dianggap spektakuler karena total hadiah Rp70 juta,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia National Climbing Competition ke II Mapala UMI, Ahmad Lubis menambahkan, persiapan lomba ini telah mencapai 60 persen. Di mana persiapan sudah dilakukan sejak bulan lalu.

”Alhamdulillah kerja keras teman-teman dari Mapala UMI dan tim teknis, progres saat ini sudah mencapai angka 60 persen, sisa menyiapkan apa-apa yang akan kita siapkan saat perlombaan dimulai,” tambahnya.

Kegiatan nasional ini ada tiga kategori yang diperlombakan. Rinciannya, pertama Leed Umum Nasional (diikuti oleh pemanjat-pemanjat nasional), kedua Leed Pemanjat SMA Khusus untuk regional Sulawesi, ketiga Sticclassic untuk regional Sulawesi.

“Kegiatan ini masuk dalam agenda kalender FPTI, dalam bentuk open turnamen tingkat nasional. Pendaftaran ditutup 28 Juni. Undangan sudah disebar melalui flayer ke semua komunitas olahraga panjat tebing,” ucapnya.

Tak hanya itu, kegiatan diharapkan menjadi ajang try out bagi atlet untuk mengukur kemampuannya yang selama ini di asa dalam proses latihan. Sehingga ia mengharapkan, para atlet asal Sulawesi Selatan bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Pasti targetnya Sulsel bisa tampil secara maksimal, dan memperlihatkan bahwa Sulsel juga bisa. InsyaAllah, kita pasti menargetkan juara 1 di tingkat nasional, dan di tingkat regional,” harapnya menandaskan

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img