31 C
Makassar
Monday, May 27, 2024
HomePolitikMenakar Kekuatan Empat Figur Bakal Calon Wakil Wali Kota Parepare

Menakar Kekuatan Empat Figur Bakal Calon Wakil Wali Kota Parepare

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pilkada Parepare untuk tahun 2024 masih terus berjalan dinamis. Meski demikian, sejumlah figur Bakal Calon Wali Kota Parepare mulai intens melakukan pergerakan politik dengan berburu tiket partai politik.

Namun, di satu sisi para Bakal Calon Wali Kota juga harus mempersiapkan diri dalam memilih figur 02 yang tepat, untuk bisa mendongkrak suara dalam meraih kemenangan di kota kelahiran BJ. Habibie tersebut.

Sempat menjadi perbincangan warga bahwa Parepare darurat figur 02. Namun, hal tersebut terbantahkan dengan munculnya figur 02 diberbagai alat peraga dan pernyataan sikap resmi disejumlah media.

Sejauh ini, diketahui ada empat figur yang resmi menyatakan siap maju pada Pilkada Parepare, sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota. Keempat figur tersebut yakni Reski Anugrah Azis, Erna Durahman, Rahmat Sjamsu Alam dan Hermanto.

Mereka kini menjadi sorotan karena mulai aktif melakukan kerja-kerja elektoral seperti sosialisasi, temu tokoh, dan lainnya. Hal ini, menegaskan bahwa mereka siap untuk menjadi figur 02 yang nantinya bisa menjadi pertimbangan bagi figur 01 untuk dijadikan pendamping.

Berikut informasi awal terkait empat figur Bakal Calon Wakil Wali Kota Parepare yang siap untuk menjadi pendamping pada Pilkada Parepare yang akan dilaksanakan serentak tanggal 27 November mendatang.

1. Reski Anugrah Azis (Profesional Perbankan)

Wanita berlatar belakang di bidang profesional sebagai pimpinan perbankan swasta ini, ingin terjun dalam dunia politik lantaran dorongan dari dalam untuk pengabdian di tanah kelahiran.

Dirinya mulai masuk dalam dunia perbankan sejak 2003, sampai 2024 ini sehingga terhitung total 21 tahun masa kerja.

Dia juga memiliki darah politik sebagai anak mantan Anggota DPRD Parepare. Saat ini, beberapa saudaranya juga memiliki jabatan dalam pemerintahan Kota Parepare. Saat ini, Reski Anugrah Azis masih aktif sebagai pimpinan salah satu perbankan swasta.

Dalam memuluskan langkah politiknya, Reski Anugrah Azis kini masif melakukan sosialisasi kepada warga, dengan menggelar pertemuan diberbagai titik.

2. Erna Durahman (Pengusaha)

Saat ini memang saya memiliki 200 kelompok pengajian aktif, dan komunitas senam. Erna Durahman mengungkapkan, dirinya saat ini telah menanamkan niat untuk mengabdi.

Salah satu langkah awal, katanya, dibuktikan dengan mendorong putranya, yakni Ahmad Zulfikar Zuhdy pada Pileg 2024 melalui Partai Demokrat Dapil IV Kecamatan Soreang, dan berhasil terpilih dengan suara yang mencapai 2.917.

Saat ini masih aktif sebagai pimpinan perusahaan travel Haji dan Umrah yakni, PT. Zakiah Dina Tayyibah, yang berdiri sejak tahun 2006 lalu.

Erna Durahman telah membentuk 150 tim kerabat sebagai langkah awal dalam menghadapi kontestasi politik di Parepare.

3. Rahmat Sjamsu Alam (Politisi)

Putra mantan Wali Kota Parepare, Sjamsu Alam tersebut, merupakan Anggota DPRD Parepare dua periode, sekaligus menjadi Wakil Ketua DPRD pada masa periodenya tersebut.

Rahmat Sjamsu Alam masih aktif sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Parepare, Ketua ASKOT PSSI Parepare, Ketua DPD HIKMA Parepare, dan beberapa organisasi lainnya.

Lahirnya sejumlah tokoh muda hebat di Parepare, tak lepas dari perannya selama memimpin Partai Demokrat yang ahli dalam menggaet figur untuk didorong menjadi Caleg dalam Partai Demokrat.

Rahmat Sjamsu Alam saat ini terus aktif melakukan kunjungan ke tokoh-tokoh masyarakat untuk melakukan mempromosikan dirinya maju Pilkada Parepare.

Figur Rahmat yang sederhana, mudah ditemui, tentunya memiliki nilai lebih di tengah-tengah masyarakat.

4. Hermanto (Politisi)

Ketua DPC Partai Hanura Parepare ini telah membuktikan kerja-kerjanya selama menjadi Anggota DPRD Parepare, sehingga terpilih untuk periode kedua dengan peningkatan yang cukup signifikan.

Tidak hanya aktif sebagai politikus, Hermanto juga merupakan pengusaha sukses dalam bidang properti. Hermanto juga dikenal dermawan dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Hermanto juga sukses dalam menjaga eksistensi Partai Hanura di Parepare, di tengah ketatnya persaingan dari partai lain, dan mempertahankan Partai Hanura agar tetap memiliki kursi di DPRD.

Bahkan, Hermanto juga sangat siap dari segi kekuatan finansial untuk menopang kerja-kerja pemenangan dalam posisi sebagai 02

Hermanto kini terus mengaktivasi jejaring yang dimiliki untuk memuluskan langkah dalam Pilkada Parepare. Hermanto juga telah membentuk tim pemenangan sebagai langkah awal dalam menambah nilai elektoralnya.

Terkait hal tersebut, Pengamat Politik UNHAS Makassar, Andi Ali Armunanto mengatakan, jika melihat latar belakang empat figur Bakal Calon Wakil Wali Kota yang menyatakan siap maju, tiga diantaranya yang lebih berpotensi yakni Erna Durahman, Rahmat Sjamsu Alam dan Hermanto.

Andi Ali Armunanto menjelaskan, Erna Durahman memiliki potensi untuk membangun jejaring politik. Sedangkan, kata dia, Rahmat Sjamsu Alam dan Hermanto sebagai ketua partai tentunya juga memiliki mesin politik yang dapat mendorong kinerjanya, dalam pemenangan Pilkada, khususnya dalam mendongkrak elektabilitas.

“Tetapi saya memberikan poin tersendiri untuk Erna Durahman. Dalam proses pemenangan Pilkada, partai politik tentu menjadi hal yang penting, tetapi kemudian di lapangan yang bekerja adalah jejaring sosial yang telah dibentuk sebelumnya,” ungkap Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNHAS Makassar ini, Sabtu (4/5/2024).

Andi Ali Armunanto menegaskan, dengan banyaknya komunitas pengajian yang dibentuk, dan jejaring bisnis yang sudah lama dibangun, tentunya akan memberi kontribusi bagi Erna Durahman dalam membentuk jejaring.

“Menurut pandangan saya, dari keempat figur yang ada, Erna Durahman memiliki potensi yang lebih, dengan melihat kesiapan infrastruktur politiknya dengan membangun jejaring sosial yang luas dan besar,” pungkasnya.

spot_img

Headline

Populer

spot_img