30 C
Makassar
Jumat, Juli 1, 2022
BerandaDaerahPemkot Parepare Optimis Pasar Wekke'e Jadi Pusat Ekonomi Baru

Pemkot Parepare Optimis Pasar Wekke’e Jadi Pusat Ekonomi Baru

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Bertahun tahun tidak difungsikan, Pasar Tradisional Wekke’e yang berlokasi di Kelurahan Lompo’e, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare telah beroperasi September 2021 lalu.

Pasar yang menjadi pusat peredaran ekonomi baru tersebut sekarang bahkan sudah dapat beroperasi pada malam hari. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare melalui Sekretarisnya, Prasetyo Catur, Senin, (08/11/2021).

Prasetyo Catur menyebut pasar tersebut kini menjadi pusat ekonomi baru masyarakat Parepare khususnya di wilayah Bacukiki. Aktifitas jual beli pun mengalami peningkatan hingga 80 persen.

“Alhamdulillah, sejak resmi dioperasikan grafik aktivitas transaksi jual beli mengalami peningkatan. Pasar terbuka setiap hari. Untuk malam hari cuman beroperasi Kamis malam dan Jumat,” katanya.

Selain itu, kata dia, Dinas Perdagangan juga melengkapi Pasar itu dengan fasilitas yang memadai hingga membangun tempat bermain bagi anak-anak.

“Kita ada tempat khusus untuk bermain anak-anak. Kita akan terus melengkapi fasilitas demi kenyamanan aktivitas jual beli masyarakat di pasar wekke’e ini,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, untuk penataan pedagang pasar pihaknya mendata kembali para pedagang yang benar-benar akan berusaha untuk transaksi jual beli. Pendataan dilakukan secara persuasif kepada para pedagang, baik yang telah mengikuti pengundian maupun yang baru saja masuk.

Sementara  Wali Kota Parepare HM. Taufan Pawe mengatakan, kehadiran pasar Wekke’e akan menjadi pusat ekonomi baru di kota bertajuk kota peduli tersebut. Yang mana pasar itu  dapat memudahkan masyarakat ke pusat ekonomi, dan memangkas biaya transportasi pedagang yang berjualan jauh dari tempat tinggalnya.

Taufan pun mengimbau kepada seluruh pedagang yang masih menempati pinggir jalan Kota untuk berjualan, agar ikut bergabung menempati pasar itu.

“Kami telah mengintruksikan kepada Dinas Perdagangan dan berkoordinasi kepada pihak kelurahan, untuk mengimbau kepada seluruh pedagang yang ada dipinggir jalan untuk ikut berjualan di pasar Wekke’e,” imbau Taufan Pawe beberapa waktu lalu.

Taufan Pawe berharap agar para pedagang bisa proaktif, kreatif, dan menciptakan inovasi agar dapat menarik masyarakat.

“Pedagang nantinya diharapkan  senantiasa untuk menghadirkan inovasi agar masyarakat dapat tertarik datang ke pasar tersebut,” tambahnya.

Diketahui, Pasar Wekke’e merupakan salah satu pusat perputaran ekonomi warga, dengan mobilisasi yang cukup tinggi. Pemerintah Kota juga berencana akan memperindah pasar tersebut, agar dapat menjadi salah satu titik destinasi wisata belanja bagi masyarakat sekitar, maupun yang berkunjung ke Kota Parepare.

spot_img
spot_img

Headline