24 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaDaerahPemkot Parepare Siap Ikuti Penilaian Bhumandala Award 2022

Pemkot Parepare Siap Ikuti Penilaian Bhumandala Award 2022

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Parepare tengah bersiap menghadapi penilaian Bhumandala Award 2022, sebuah penghargaan nasional untuk Simpul Jaringan Terbaik.

Persiapan penilaian terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Sistem Jaringan Informasi Geospasial Daerah (SJIGD) yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Kota Parepare, Kamis (25/8/2022).

 

Rakor dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, yang diikuti oleh SKPD terkait yang memanfaatkan Teknologi Informasi Geospasial.

“Jadi rapat koordinasi ini membahas pengembangan SJIGD dan persiapan mengikuti Bhumandala Award 2022 tingkat nasional. Karena penilaian direncanakan bulan Oktober, dan penyiapan data sampai minggu kedua September,” ungkap Zulkarnaen.

Terkait perkembangan Teknologi Informasi Geospasial di Parepare, Bappeda dan Dinas Kominfo adalah pengelola data, sementara SKPD lainnya menjadi produsen data.

Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) adalah suatu sistem penyelenggaraan pengelolaan Informasi Geospasial (IG) secara bersama, tertib, terukur, terintegrasi dan berkesinambungan serta berdayaguna.

Sesuai Peraturan Presiden No 27 Tahun 2014 tentang JIGN, pelaksana JIGN adalah Simpul Jaringan pemerintah baik di Kementerian, Lembaga, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota (K/L/P).

Penganugerahan penghargaan simpul jaringan atau Bhumandala Award merupakan bentuk apresiasi Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada simpul-simpul jaringan dengan tujuan untuk memotivasi, menginspirasi, memperkuat, dan meningkatkan semangat K/L/P dalam membangun elemen-elemen simpul jaringannya agar terus terbina secara berkelanjutan menuju Simpul Jaringan yang aktif dan operasional.

BACA JUGA :  Pasca Mutasi Yamin, Taufan Pawe Gelar Pertemuan Tertutup dengan Jajaran Diskes Parepare
spot_img

Headline

Populer