25 C
Makassar
Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaDaerahPemkot Parepare Uji Kualitas Kesehatan Lingkungan di Terminal

Pemkot Parepare Uji Kualitas Kesehatan Lingkungan di Terminal

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan dan SKPD terkait lainnya bersama Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Kemenkes Makassar kembali turun melakukan surveilans kesehatan lingkungan situasi khusus lebaran di Kota Parepare.

Kali ini sasarannya adalah Terminal Induk Tipe A Parepare, Rabu, 20 April 2022. Itu setelah sehari sebelumnya surveilans dilakukan di Pelabuhan Nusantara Parepare.

Ketua Tim BTKLPP Kelas 1 Makassar, Pahrul Razak SKM mengatakan, kegiatan ini adalah kewaspadaan dini faktor risiko penyakit khususnya di terminal pelabuhan.

BACA JUGA :  Pemkot Parepare Siapkan Layanan Antar Jemput Peserta KB di Rumah

“Tujuan kegiatan adalah melakukan uji kualitas kesehatan lingkungan dengan pengambilan sampel makanan, air minum, air bersih, angka kuman udara ruang dan inspeksi sanitasi lingkungan terminal darat,” kata Pahrul.

Yang diuji antara lain inspeksi kesehatan lingkungan seperti melihat kualitas bagian luar tempat parkir, pembuangan sampah , penghijauan. Kemudian bagian dalam seperti ruang tunggu penumpang. Serta sarana sanitasi seperti toilet, tempat cuci tangan, tempat pembuangan limbah.

Termasuk sarana keselamatan dan kesehatan kerja seperti ketersediaan APAR, Pos Kesehatan. Dan sarana penunjang lain seperti kantin, musala.

BACA JUGA :  Pemkot Parepare Segera Bayar Ganti Rugi Lahan SDN 11 dan SMA 4

“Pengujian sampel terdiri dari pengmbilan sampel makanan jajanan di terminal yaitu bakso, mi basah, ikan goreng, ikan masak, sambel, sayur bening, sayur gado gado, air minum, sumber air bersih, usap peralatan makan, usap tangan penjamah, dan pengambilan angka kuman udara ruang,” ungkap Pahrul.

Dia mengharapkan agar para penjual menjaga kualitas makanan baik pada saat memilih bahan baku, mengolah maupun menyajikan. “Diingatkan juga tetap memakai masker dan tetap menjaga kebersihan lingkungan terminal,” ingatnya.

Sampel yang diambil seperti kualitas udara, angka kuman di ruang tunggu dan musala, sampel air minum, sampel air bersih, sampel makanan dari penjual sekitar terminal, usap tangan penjamah makanan serta usap peralatan makanan diperiksa atau diuji di Laboratorium BTKL PP Kelas 1 Kemenkes di Makassar. Sementara dalam proses tahap pemeriksaan.

Tim turun turut didampingi oleh Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Induk Lumpue Kementerian Perhubungan Baharuddin, Tim Dinas Kesehatan Parepare, dan Dinas Perhubungan Parepare.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline