26 C
Makassar
Sabtu, Desember 10, 2022
BerandaMetropolisPemprov Dorong Peningkatan Mutu Usaha Jasaboga di Sulsel

Pemprov Dorong Peningkatan Mutu Usaha Jasaboga di Sulsel

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Provinsi Sulsel memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Rakerda yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus DPC APJI Sulsel.

“Semoga kegitan ini mampu mempertahankan eksistensi APJI Sulsel sebagai wadah untuk mendorong peningkatan mutu usaha jasaboga di Sulawesi Selatan,” ujar Sekretaris DP3A – Dalduk KB Sulsel, Aryani Aruji, saat membacakan sambutan Gubernur Sulsel, di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II sekaligus Pengukuhan Pengurus DPC Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI), yang dilaksanakan di Hotel The Rinra, Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurutnya, unit usaha jasaboga atau kuliner merupakan salah satu sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang di masa pandemi cukup terdampak akibat pembatasan aktivitas masyarakat.

“Meski belum sepenuhnya keluar dari kondisi pandemi, kita bersyukur tahun ini keadaan perlahan kembali normal, sehingga UMKM utamanya unit usaha jasaboga dapat kembali bangkit,” ucapnya.

Tentu, kata Aryani Aruji, ada banyak pembelajaran yang kita peroleh di masa pandemi yang dapat menjadi acuan untuk mengembangkan strategi bisnis ke depan, potensi unit usaha kuliner maupun jasaboga cukup potensial. Alasannya sederhana, selama masih ada manusia yang memiliki kebutuhan pokok pangan, selama itulah bisnis makanan dan minuman akan memiliki pelanggan.

“Dengan potensi ini, dapat kita lihat berbagai model usaha di bidang kuliner/ jasaboga pun semakin diminati dan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Mulai dari model waralaba, kemitraan, ataupun inovasi makanan dan minuman kekinian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Aryani menjelaskan, selain itu juga harus bersiap menghadapi tantangan bisnis tahun 2023 yang memerlukan terobosan. Utamanya dengan memanfaatkan platform digital untuk mengikuti berbagai perubahan sehingga bisnis ini mampu bertahan dan berkelanjutan.

“Di sinilah peran Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia dalam menghimpun para pelaku usaha di bidang ini dan mensinergikan serta mengkolaborasikan berbagai program kerja yang ada dengan pemerintah, baik pemerintah Kabupaten/Kota maupun dengan Provinsi,” terangnya.

Untuk itu, pada momentum pelantikan Dewan Pengurus Cabang APJI Sulawesi Selatan, ia berharap berbagai agenda strategis untuk mendukung kemajuan dan keberlanjutan usaha jasaboga dapat terlaksana dengan lancar.

“Kami sampaikan selamat bekerja kepada pengurus yang hari ini dilantik, mari tetap jalin kolaborasi dan sinergitas dalam memajukan usaha jasaboga di Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekjen DPP APJI Jimmy Senduk, Ketua DPD APJI Sulsel Lukman AR Gassing, Staf Ahli Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan, PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail, Ketua Bidang III PKK Sulsel, Rahmatia Idrus.

spot_img

Headline

Populer