29 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaRagamPengurus Pusat RJI Gelar Rakernas 2023

Pengurus Pusat RJI Gelar Rakernas 2023

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Relawan Jurnal Indonesia (RJI) gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 13-14 Januari 2023 yang dikemas dengan secara luring di Hotel Grand Senyum Yogyakarta serta secara daring melalui platform video conference Zoom yang dihadiri oleh para pengurus pusat, dewan pengawas RJI, serta anggota RJI (14/01/2023).

Rakernas RJI ini merupakan rapat kerja pertama untuk periode kepengurusan 2022-2026. Rakernas ini menjadi momentum silaturahmi, wadah untuk memfokuskan apa yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 sebagai wujud dari pencapaian visi dan misi RJI

“tujuan pelaksanaan Rakernas ini yakni untuk membicarakan program kerja RJI selama satu tahun ke depan. Beliau berharap RJI akan dapat melaksanakan rangkaian kegiatan-kegiatan baru yang sebelumnya belum sempat dilakukan terkait topik-topik publikasi ilmiah, seperti halnya literasi jurnal di seluruh daerah, pendampingan jurnal intensif untuk publikasi Internasional dan fokus pada program untuk meningkatkan indeksasi Internasional,”kata Dr Arbain selaku Ketua Umum Pengurus Pusat RJI dalam keterangannya.

Dr Arbain menjelaskan, bahwa rakernas ini menghasilkan program kerja yang lebih rinci, rencana kerja yang pas, tenggang waktu time scedul yang bisah kita diraih atau gapai terkait program tersebut, saya juga berharap program tersebut ada tindakan yang dapat dilakukan sebagai contoh pelaksanaan LSP yang akan digarap dalam waktu dekat, divis-divisi lain di RJI telah menyiapkan program kerja lanjut Dr Arbain dalam sambutannya.

Selain dari program divisi, kami dari pengurus pusat juga menyiapkan beberapa agenda rutin, agenda tersebut sudah kami ramu dari ketua pengurus daerah melalui munas kemarin salah satunya kegiatan terkait lietari jurnal untuk aktif kembali karena kawan-kawan daerah perlu dilibatkan.

“Disini sama bekerja, tidak RJI tidak ada kawan-kawan yang ada di daerah jadi kita akan fiokuskan di kawan-kawan didaerah, tidak hanya di pulau jawa tetapi kita akan sama ratakan diberbagai daerah. lanjut Dr Arbain dalam sambutannya. Ini memomentum yag sangat tepat untuk membicarakan rencana kerja terutama bagaimana menghadapi berbagai tantangan di tahun 2023 yang sekarang kita baru masuki,”ungkapnya.

Sementara itu, Dewan Pengawas RJI, Dr Uwes Fatoni dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar RJI dapat terus memfasilitasi pendampingan publikasi jurnal ilmiah di tengah-tengah urgensi publikasi ilmiah di dunia akademis.

“RJI akan tetap sangat dibutuhkan di kalangan akademisi, apalagi sekarang banyak kebijakan yang mewajibkan publikasi sehingga tuntutan untuk publikasi karya ilmiah melalui organisasi editor maupun jurnal menejer angat tinggikebutuhannya, sehingga peluangnya perlu dijaga oleh teman-tman pengurus RJI agar kemudian momentumnya betul-betul bisa semakin meningkatkan kontribusi RJI bagi para pengguna di seluruh indonesia” lanjut Dr Uwes Fatoni dalm sambutannya

“Kami dewan pengawas berharap Ada laporan rutin untuk dibuat sebagai kontribusi untuk menutup celah-celah di setiap kekurangan di organisasi, apalagi RJI sudah besar karena pengurus dariaceh sampai papua, sebagai dean pengawas mudah-mudahn bisa juga ikut berkontribusi lebih baik dari sebelumnya,”tambahnya.

Untuk diketahui di RJI ada beberapa Divisi yang menjadi bagian penting dari implementasi pembagian program kerja RJI yaitu Divisi Sumber daya Manusia dan Member, Divisi IT, Divisi Humas dan Kerjasama, Divisi Pusat Publikasi Ilmiah, Divisi Sertifikasi Profesi, Divisi Layanan & pengembangan produk Divisi RJI Akademy. Ungkap Muh Ilham Bakhtiar selaku wakil ketua RJI Pusat dalam laporannya.

Agenda selanjutnya yakni diskusi paralel yang dibagi menjadi tiga kelompok diskusi berdasarkan divisi-divisi kepengurusan di RJI. Kelompok diskusi tersebut meliputi Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas yang dipimpin oleh Bapak Arbain, Divisi Layanan Pengembangan yang dipimpin oleh Bapak Mochammad Tanzil Multazam, dan Divisi RJI yang dipimpin oleh Bapak Yusuf Saefudin.

spot_img

Headline

Populer