33 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaHealthPenyebab Penyakit Asam Lambung

Penyebab Penyakit Asam Lambung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ada berbagai makanan dan minuman lainnya yang dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung. Berikut beberapa penyebab dari gangguan tersebut:

1. Buah dan Sayur yang Asam

Salah satu penyebab penyakit asam lambung selain alkohol adalah buah dan sayur yang bersifat asam. Kandungan asamnya dapat memicu peningkatan asam lambung sehingga kekambuhan bisa terjadi. Hal ini lebih rentan terjadi saat mengonsumsi buah dan sayur tersebut saat perut kosong.

2. Kopi

Kopi juga dapat merangsang produksi asam di lambung. Minuman ini juga memiliki sifat asam yang dapat membuat GERD menjadi kambuh.

3.Makanan dan Minuman Bergas

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas dan terlalu banyak serat. Beberapa contohnya, antara lain sayuran sawi, buah nangka, kol, pisang ambon, dan buah yang dikeringkan.

Kebiasaan makan yang terlalu banyak juga dapat membuat asam lambung meningkat. Hal ini dapat memicu makanan kembali naik ke esofagus atau kerongkongan, hingga GERD menjadi lebih parah.

Dalam kebanyakan kasus, gejala GERD dapat dikendalikan setelah seseorang yang mengidapnya berhenti mengonsumsi beralkohol. Maka dari itu, seseorang dengan penyakit asam lambung ini perlu membatasi konsumsi alkohol dalam jumlah sedang, bahkan menghindari konsumsinya.

spot_img

Headline