23 C
Makassar
Senin, November 29, 2021
BerandaEdukasiRatusan gen-Z Sulawesi dan Maluku Ikuti Kelas Literasi Damai

Ratusan gen-Z Sulawesi dan Maluku Ikuti Kelas Literasi Damai

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM -Waktu masih menyisakan satu jam sebelum kegiatan dimulai, tetapi para peserta telah memenuhi ruangan zoom. Semangat mereka di luar ekspektasi panitia. Bahkan, kerapkali peserta menanyakan kapan dimulainya acara. Mereka sangat ‘cerewet’, memperlihatkan ketaksabaran untuk segera bertemu dengan sesama anak muda, dan mendapatkan pengetahuan baru.

Ketika mereka hadir di ruangan, beragam pakaian yang unik dan lucu memecah suasana. Ada yang memakai topeng pahlawan seperti, Batman dan Spiderman. Di hari lain, mereka mengenakan piyama, baju olahraga, dan pakaian adat. Mereka benar-benar menunjukkan kreativitas dan autentisitas.

Memakai kostum dengan topik tertentu memang menjadi salah satu cara panitia untuk menghidupkan suasana dan memotivasi semua pihak yang ikut di kelas ini.

BACA JUGA :  Okky Madasari Bangkitkan Sastra Anak Nan Kritis

Saat trainer mulai menjelaskan materinya, mereka berubah 180 derajat. Dari individu yang ‘cerewet’ menjadi pendengar yang aktif. Mereka mencatat, merespon, dan menanyakan hal-hal yang mengganjal di hati dan pikiran. Waktu lima jam mungkin masih terasa kurang jika melihat antusiasme mereka.

Begitulah gambaran kegiatan Kelas Literasi Damai yang dilaksanakan oleh Generasi Literat berkolaborasi dengan Mulia Raya Foundation dan United Nation Development Program (UNDP). Selama empat hari, di setiap akhir pekan, sebanyak 124 generasi Z dari wilayah Sulawesi dan Maluku menjadi peserta dalam kegiatan ini.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3