28 C
Makassar
Senin, September 20, 2021
BerandaHealthSelain Melembabkan, Ini Manfaat Alpukat Untuk Wajah

Selain Melembabkan, Ini Manfaat Alpukat Untuk Wajah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Manfaat alpukat untuk wajah tidak hanya sekedar untuk melembapkan, tapi juga dapat mengurangi munculnya jerawat.

Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc.

Manfaat alpukat untuk kesehatan kulit wajah bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi buah ini secara rutin atau menjadikannya sebagai masker dan pembersih wajah.

Berikut adalah beberapa manfaat alpukat untuk wajah yang bisa Anda peroleh:

1. Melembapkan kulit

Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral. Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah.
Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat masalah tertentu, seperti eksim dan jerawat.

2. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh karena dalam alpukat terkandung mangan dan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

Selain itu, ada juga riset yang menunjukkan bahwa kandungan lemak sehat pada alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah.

3. Mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit

Alpukat mengandung nutrisi dan zat yang dapat mengurangi peradangan di kulit, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Bahkan, ada riset yang menyebutkan bahwa kelima nutrisi tersebut dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

BACA JUGA :  Fungsi dan Urutan Dasar Penggunaan Produk Skincare
BACA JUGA :  10 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

4. Mengurangi hiperpigmentasi kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penggelapan kulit atau hiperpigmentasi kulit. Ini karena vitamin tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di kulit dan menurunkan produksi melanin, yang memicu munculnya bercak hitam pada kulit.

5. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat alpukat untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi munculnya jerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C dan omega 3 pada alpukat dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga mampu mengurangi kemunculan jerawat.

Selain vitamin C dan omega 3, alpukat yang sudah diolah menjadi minyak alpukat juga mengandung antimikroba, sehingga penggunaannya juga dapat mengurangi jerawat di wajah.

Cara Mendapatkan Manfaat Alpukat untuk Wajah

Seperti yang telah disebutkan di atas, guna mendapatkan manfaat alpukat untuk wajah, Anda dapat mengonsumsi alpukat matang secara langsung atau menjadikannya sebagai masker dan pembersih wajah.

Bila ingin menjadikan alpukat sebagai pembersih wajah, Anda dapat memanfaatkan minyak alpukat. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak alpukat ke bola kapas, lalu usapkan ke wajah dan leher. Lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara itu, bila Anda ingin mendapatkan manfaat dari masker alpukat, berikut adalah panduannya:

Bahan untuk membuat masker alpukat

• ½ buah alpukat matang
• 1 sendok teh minyak kelapa (masukkan ke dalam kulkas agar mengental)
• 1 sendok teh madu
• 1 sendok teh air

Cara membuat masker alpukat

• Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk.
• Haluskan hingga menjadi pasta dan tercampur sempurna.

Cara menggunakan masker alpukat

• Bersihkan wajah Anda menggunakan handuk hangat selama 20 menit. Penggunaan handuk hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah.
• Setelahnya, oleskan masker ke wajah menggunakan jari atau kuas Oleskan secara merata, namun jangan aplikasikan masker ke area mata.
• Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan pelembap ke wajah.

BACA JUGA :  7 Tanda Stres yang Sering Tidak Anda Sadari
BACA JUGA :  Covid-19 Bisa Bertahan Lama di Indonesia Jika Masyarakat Tidak Disiplin

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.274,1
EUR
16.719,5
JPY
130,2
KRW
12,0
MYR
3.404,7
SGD
10.557,6
- Advertisment -