22 C
Makassar
Jumat, Juli 30, 2021
BerandaParlemanSosialisasikan Perda Kearsipan, Ketua Komisi I Usulkan Pelatihan untuk Staf Kelurahan

Sosialisasikan Perda Kearsipan, Ketua Komisi I Usulkan Pelatihan untuk Staf Kelurahan

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Ketua Komisi I DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir menyosialisasikan Peraturan Perundang-undangan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Kearsipan, di Hotel Satria Parepare, Minggu (13/06/2021).

Kaharuddin mengatakan, sistem pengelolaan kearsipan di Parepare khususnya di instansi lingkup Pemkot Parepare harus dibenahi, dan harus dikelola dengan baik.

“Arsip sangat penting karena sangat untuk memperoleh data dan dokumen atas berkas penting lainnya yang relevan dimasa yang akan datang. Arsip juga bertujuan supaya ada jejak Perda-perda yang telah dibuat, atau kebutuhan lainnya,” ungkapnya.

Legislator Partai Golkar tersebut menjelaskan, pembenaham sistem kearsipan harus dibenahi mulai dari tingkat Kelurahan. Karena, menurut dia, di kelurahan banyak mengurusi arsip atau surat penting warga.

“Penting sekali perannya karena banyak mengurusi arsip. Harus ada tempat khusus nanti di kelurahan. Semua surat -surat penting di Kelurahan harus diarsipkan,” kata dia.

Legislator lima periode tersebut mengungkapkan, ke depannya para staf di kelurahan sebaiknya diberi pelatihan kearsipan. Pihaknya pun bersedia meminta SKPD terkait untuk menganggarkan kegiatan tersebut.

“Arsip ke depannya dikumpulkan dan dipelihara di Kantor Dinas Perpustakaan. Selain itu, pada tingkat kelurahan dan SKPD juga diharapkan bisa melakukan pembenahan kearsipan,” tandas mantan Ketua DPRD Parepare ini.

BACA JUGA :  Erik Horas Minta Keseriusan Pemerintah Soal Pengelolaan Sampah
BACA JUGA
PenulisLuki Amima
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

- Advertisment -
BACA JUGA :  Reses Andi Fudail Didominasi Aspirasi Bantuan Usaha