26 C
Makassar
Senin, Maret 4, 2024
BerandaDaerahTingkatkan Produksi, Mentan RI Salurkan Bantuan Bibit Padi dan Jagung ke Petani...

Tingkatkan Produksi, Mentan RI Salurkan Bantuan Bibit Padi dan Jagung ke Petani Bone, Soppeng, Sinjai

- Advertisement -
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM– Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di kampung halaman, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (15/1/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Andi Amran Sulaiman mengikuti penanaman perdana, kemudian temu ribuan petani untuk meningkatkan produksi di Lapangan Sepakbola Mappesangka.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, Kasatgas Pangan Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Helfi Assegaf, dan Pejabat Utama Kementerian Pertanian RI.

Selain itu, hadir pula Anggota Komisi IV DPR RI A Akmal Pasluddin, Penjabat Bupati Bone Andi Islamuddin, Bupati Soppeng Kaswadi Razak, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. CH Patoppoi, Forkopimda Kabupaten Bone, CEO AAS Community A Amar Maruf Sulaiman, Kepala OPD, Camat, Kades se Kabupaten Bone, serta Petani Milenial dan Petani Kabupaten Bone Soppeng dan Wajo.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Amran Sulaiman juga menyerahkan bantuan bibit jagung dan padi kepada petani Bone, Soppeng, dan Sinjai.

“Tingkatkan produksi, menanam terus, Kementerian Pertanian memberikan bantuan 30 ribu hektar bibit jagung ke petani Bone, Soppeng 20 ribu bibit jagung, Sinjai 15 ribu bibit jagung,” ucap Andi Amran Sulaiman.

Demikian pula dengan bibit padi, Kementerian Pertanian juga memberikan 30 ribu bibit padi kepada petani Bone, 20 ribu bibit padi ke petani Soppeng, dan 15 ribu bibit padi kepada petani Sinjai.

“Kalau petani sukses tingkatkan produksi Pertanian sampai 30 persen, saya kali dua kembali salurkan bibit ke petani,” jelasnya.

Mentan menegaskan, dirinya punya misi mulia meningkatkan produksi pangan di Indonesia. Menteri Amran menegaskan, dirinya ingin kembali swasembada pangan, seperti yang sudah dilakukan pada tahun 2017, 2019, dan 2020.

BACA JUGA :  HUT RI ke-78, 368 WBP Lapas Kelas IIA Watampone Dapat Remisi

“Saya ditakdirkan masuk kabinet ke dua kalinya. Pertama keluhan masyarakat yang harus saya tuntaskan adalah masalah pupuk. Alhamdulillah, dua bulan menjabat presiden beri kita anggaran Rp 14 triliun untuk tambahan pupuk. Katanya sulit pupuk karena harus pakai kartu tani, sekarang kita ubah, sudah bisa gunakan KTP,” tegasnya.

Termasuk masalah solar. “Baru saya telepon menteri ESDM. Alhamdulillah, saya minta surat rekomendasi cukup ditandatangani kepala desa. Tolong Pak Dandim, Kapolres dipantau kelancaran solar. Kita harus tingkatkan produksi secara nasional,” tegasnya.

Sementara itu Pj Bupati Bone Andi Islamuddin, mengucapkan selamat datang Mentan RI Andi Amran Sulaiman di kampung halaman, Kabupaten Bone.

“Hari ini sangat luar biasa, kita kedatangan tokoh nasional sekaligus putera daerah dalam sejarah Kabupaten Bone, dua kali dilantik menjadi Menteri Pertanian,” jelasnya.

Andi Islamuddin menuturkan kehadiran Andi Amran Sulaiman dalam kabinet membuat seluruh masyarakat Bone sangat bangga. Pasalnya, Andi Amran Sulaiman mengangkat harkat dan martabat masyarakat Bone, terutama petani kabupaten Bone.

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Bone mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian RI atas segala bantuan pertanian di Bone demi Kemjauan RI, kemajuan provinsi, kabupaten Bone,” tandasnya.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer