25 C
Makassar
Kamis, Januari 27, 2022
BerandaMetropolisTNI AL-AU Boeing 737-200 Laksanakan Kersamtis

TNI AL-AU Boeing 737-200 Laksanakan Kersamtis

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – TNI AL BKO Guspurla Koarmada II yaitu KRI Diponegoro (DPN)-365 dan unsur TNI AU Koopsau II yaitu Pesawat Udara (Pesud) Boeing 737-200 melaksanakan Kerja Sama Taktis (Kersamtis), Senin (6/7/2020).

Kersamtis tersebut dilaksanakan di dua tempat yaitu di atas KRI DPN-365 yang dipantau langsung oleh Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr. (Han), CHRMP dan di Makoopsau II yang dihadiri oleh Asops Pangkoopsau II Kolonel PNB Eko sujatmiko.

Danguspurla Koarmada II mengatakan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan personel pengawak yang profesional serta berkualitas, oleh karena itu maka perlu diselenggarakan latihan kerja sama taktis antara unsur KRI dan Pesawat Udara milik TNI AU.

Menurutnya, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan awak KRI DPN-365 serta interintegrasi kerja sama taktis antara KRI dan Pesud dalam pelaksanaan tugas-tugas operasional.

“Kerja sama antara KRI dan Pesawat Udara harus selalu terjalin secara optimal guna pencapaian tugas pokok TNI AL selaku komponen utama garda terdepan pertahanan negara di laut dan Pesawat Udara TNI AU sebagai garda terdepan komponen pertahanan di udara,” ujarnya.

Laksma TNI Rahmat Eko menambahkan, aspek yang mendorong dilaksanakannya latihan ini adalah belajar dari pengalaman sejarah dimana peran pesawat udara dalam operasi laut mulai terbukti keampuhannya dalam peristiwa penting pada perang Pasifik, tepatnya di pertempuran Midway pada tahun 1942.

Saat itu, kekuatan armada angkatan laut Amerika Serikat dan Jepang tidak pernah bertemu atau saling berhadapan. “Kerugian yang sangat besar dialami oleh angkatan laut Jepang dengan tenggelamnya armada kapal induk mereka. Akibat serangan udara yang dilakukaan oleh pesawat-pesawat tempur yang berpangkalan di kapal induk Amerika Serikat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Sekprov Sulsel Sebut Keterbukaan Informasi di Badan Pemerintah Upaya untuk Cegah Korupsi
BACA JUGA
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6