30 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaPolitikUpdate Real Count KPU: Prabowo-Sandiaga 43.73 Persen, Begini Perolehan Jokowi-Ma'ruf

Update Real Count KPU: Prabowo-Sandiaga 43.73 Persen, Begini Perolehan Jokowi-Ma’ruf

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Berdasarkan data real count milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), per pukul 22.15 Wita, Minggu (28/4/2019). Suara masuk telah mencapai 48.19 persen. Data tersebut ditampilkan pada portal pemilu2019.kpu.go.id.

Dari jumlah suara masuk, paslon nomor urt 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih persentase suara sebanyak 56.27 persen, sedang paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapai 43.73 persen.

Saat ini, suara masuk berasal dari 391.956 TPS. Jokowi-Ma’ruf unggul di sejumlah provinsi, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, hingga Papua.

Sedang paslon Prabowo-Sandi, saat ini unggul di Sumatera Barat, Jambi, Aceh, Banten, hingga Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua KPU Arief Budiman menegaskan, Situng bukan merupakan hasil resmi yang akan ditetapkan KPU. Situng hanya rujukan bagi publik untuk memantau proses rekapitukasi suara.

“Informasi yang disediakan KPU melalui situng adalah informasi untuk mempercepat penyampaian hasil pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara kepada masyarakat, dengan begini pertama penyampaian informasi yang cepat,” kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Selain itu, Situng juga kata dia berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat atas proses rekapitulasi suara. Masyarakat bisa melapor ke KPU jika menemukan kesalahan entry data scan C1 ke Situng.

Penulis: Agus Mawan
BACA JUGA :  Real Count KPU: Prabowo-Sandi Unggul 55.96 Persen dari Jokowi-Ma'ruf di Sulsel
spot_img

Headline