24 C
Makassar
Senin, Januari 30, 2023
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Istirahat dapat meningkatkan mood dan kinerja yang pada akhirnya membantu memaksimalkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi. Ketika kamu tidak memberi kesempatan pada otak untuk refreshing, maka kamu tidak dapat bekerja secara efisien. Cepat lelah, moody, marah-marah, adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan stres.

Untuk itulah, kamu perlu melakukan beberapa aktivitas seru dalam rangka refreshing otak. Bisa dengan liburan, olahraga, mengambil me time, atau malah meditasi. Ada banyak ide aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran, seperti misalnya pilihan aktivitas berikut ini!

Ide Aktivitas untuk Refreshing Otak

Refreshing atau berhenti sejenak bukan berarti otak berhenti bekerja. Pada saat refreshing,  beberapa bagian otak justru menjadi lebih aktif. Area otak yang bekerja aktif pada saat kamu refreshing adalah adalah jaringan mode default atau default mode network (DMN).

DMN memainkan peran penting saat memusatkan perhatian ke dalam, daripada berfokus pada dunia luar. DMN telah dikaitkan dengan hal-hal seperti etika, ingatan, kreativitas, dan cara kita mendefinisikan emosi sendiri.

Ketika kita refreshing, membiarkan pikiran mengembara, justru disitu otak me-recharge sistemnya. Jadi, sekembalinya kamu dari refreshing, pikiran lebih segar dan siap menempa hal-hal sulit kembali.

Lantas, ide aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan dalam rangka refreshing otak? Berikut jenisnya.

1. Duduk Diam di Pantai Mendengarkan Suara Ombak

Duduk diam di pantai mendengarkan suara ombak, bisa menjadi salah satu aktivitas seru untuk refreshing otak. Menurut Rajalakshmi K., Ph.D., seorang audiolog dari All India Institute of Speech and Hearing (AIISH), mendengarkan suara alam dapat membantu menyegarkan kembali pikiran.

Sebenarnya tidak hanya mendengarkan suara ombak, kicau burung,  gemerisik dedaunan, ataupun deru air sungai, dapat menenangkan pikiran.

2. Berjalan

Berjalan juga bisa menjadi cara untuk refreshing otak. Selama ini, apa yang kamu lakukan setiap kali bangun pagi? Buru-buru buka laptop? Membangunkan anak? Atau kesibukan lainnya? Rutinitas ini dapat membuat otak mumet dan stuck.

Ada baiknya, sebelum melibatkan diri dengan aktivitas harian, kamu lakukan dulu aktivitas seru untuk refreshing otak. Jalan pagi adalah salah satunya.

Ketika jalan pagi, kamu berkontemplasi, melakukan perenungan, atau malah tidak memikirkan apa-apa. Berjalan sembari melihat interaksi manusia, deru transportasi, dan yang lainnya.

Kamu juga bisa mampir ke coffee shop, untuk meneguk nikmat kopi, baru kemudian kembali ke aktivitas harianmu.

3. Mendengarkan Musik sambil Menari

Kamu bisa mengambil kelas zumba atau salsa untuk kemudian menggerakkan badan tanpa perlu memikirkan apa-apa. Rasanya pasti sangat menyenangkan, ketika pikiran hanya fokus pada musik dan bagaimana supaya tubuh tetap terkoordinasi dengan irama.

Mendengarkan musik sembari menari adalah aktivitas seru yang baik untuk refreshing otak. Bila kamu terlalu enggan untuk mengikuti kelas, kamu bisa menutup pintu kamar, memasang musik, dan melakukan tarianmu sendiri.

4. Olahraga Boxing

Tentunya kamu sudah sering mendengar, bagaimana olahraga dapat memberikan dampak kesehatan yang maksimal. Tidak hanya kepada fisik tetapi juga psikis. Faktanya, olahraga juga baik untuk refreshing otak, dan boxing adalah salah satunya.

Ketika boxing kamu harus berkonsentrasi terhadap gerakan, tidak sempat memikirkan deadline, atau pasangan yang belum membalas pesan, serta hal-hal lainnya. Pikiranmu terpusat pada panduan instruktur dan gerakan jab ataupun kick.

Selepas boxing, pikiran jadi segar!

5. Tidur yang Berkualitas

Aktivitas ini adalah kegiatan paling mudah untuk refreshing otak, tapi sayangnya sering dianggap sepele. Coba ingat-ingat, seberapa sering kamu bangun pagi dengan perasaan segar? Atau justru, pernahkan kamu merasa kurang tidur, tidak bisa tidur nyenyak, dan sering terbangun tengah malam?

Mendapatkan tidur yang berkualitas adalah cara untuk refreshing otak. Supaya ini menjadi sesuatu yang seru, kamu bisa membuat kamar tidurmu nyaman.

Memasang musik lembut yang melelapkan, mengatur suhu udara, memasang pengharum ruangan atau membakar dupa, bermeditasi sejenak, dan menjauhkan gadget. Bangun-bangun, kamu akan lebih segar, dan otak bisa fresh.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer