28 C
Makassar
Sunday, May 19, 2024
HomeDaerahAndi Islamuddin Bersama Forkopimda Ziarah Ke Makam Raja Bone

Andi Islamuddin Bersama Forkopimda Ziarah Ke Makam Raja Bone

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Masih rangkaian peringatan Hari Jadi Bone yang ke 694. Pemerintah Kabupaten Bone kembali melakukan kunjungan atau ziarah makam raja-raja Bone yang berada di dalam wilayah Kabupaten Bone.

Dalam kunjungan tersebut dipimpin langsung Pj. Bupati Bone H. Andi Islamuddin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone, Kamis (18/4/2024).

Ziarah makam merupakan agenda terakhir ziarah makam rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke- 694 Tahun 2024 usai melaksanakan ziarah makam di luar wilayah Kabupaten Bone.

Pj. Bupati Bone bersama rombongan mengunjungi Lokasi pertama yaitu Situs ManurungE Ri Matajang disambut dengan teaterikal drama singkat, sesuai yang tercatat dalam sejarah munculnya Mangkau (Raja) Bone pertama Mata Silompoa ManurungE Ri Matajang.

Camat Tanete Riattang beserta jajaran mengemas aksi teaterikal awal mula masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa di redam hingga diminta menjadi Mangkau.

Di Lokasi kedua, Pj. Bupati Bone beserta rombongan menziarahi makam Raja Bone ke II La Ummasa Petta Panre Bessie, di Jl. Jend. Ahmad Yani Watampone.

Raja Bone ke II adalah pandai besi termasyhur di Bone pada masanya. selain itu Raja Bone ke II ini sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti : daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.

Lokasi ke III, Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone.

Selanjutnya sasaran ziarah makam keempat bertempat di Kompleks Pemakaman KalokkoE, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete riattang letak lokasi Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung. Hingga makam Raja Bone Ke XVI La Patau Matanna Tikka di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana.

Sebelumnya ziarah makam tersebut sudah dilakukan menjelang bulan ramadhan yaitu ziarah makam Raja Bone yang ada diluar Sulawesi Selatan, salah satunya di Taman Makam Pahlawan Kalibata Raja Bone Lapawawoi Karaeng Sigeri.

PJ Bupati Bone Andi Islamuddin mengatakan ziarah ke Makam raja Bone hari ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Bone ke 694. Sebagai wujud penghargaan kepada raja-raja Bone terdahulu yang telah mengantarkan Bone menjadi salah satu Kabupaten terbaik.

“ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan terima kasih dan rasa syukur kita, kita harus sadar bahwa kita tidak bisa menikmati pembangunan di Kabupaten Bone ini. Seandainya tidak ada raja-raja yang telah mengorbankan seluruh buah pikiran seluruh tenaga untuk Bone yang menjadi salah satu kabupaten yang telah kita nikmati hingga saat ini,” katanya.

Mantan Kepala BKPSDM Bone juga mengharapkan agar ziarah makam raja Bone tetap dilestarikan sebagai pengingat untuk mengenang jasa-jasa para Raja Bone.

“Ini tidak boleh dihentikan dan harus senantiasa dilakukan untuk mengingatkan kita bahwa ada orang orang yang telah berjasa kepada negeri ini,” ujarnya.

Sekedar diketahui beberapa tempat-tempat makam Raja Bone sudah kita revitalisasi dan perbaiki.

Dalam kesempatan tersebut Andi Islamuddin menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolda Sulawesi Selatan, yang telah melakukan peresmian dan revitalisasi makam raja Bone Arung Palakka dan makam Karaeng Pattingalloang yang ada di Kabupaten Gowa.

“Saya atas nama pemerintah kabupaten Bone mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolda Sulawesi Selatan sebagai salah satu Putra Bone, karena kemarin saya menghadiri peresmian revitalisasi makam Pahlawan Aru Palakka dan Makam Karaeng Pattilangoang yang ada di Gowa yang dilakukan oleh Bapak Irjen Pol Andi Rian Djajadi SiK,” tandasnya.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer

spot_img