27 C
Makassar
Monday, May 20, 2024
HomeHealthBegini Cara Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM –  Jerawat memang adalah masalah kulit yang sangat mengganggu. Masalah kulit yang satu ini bisa meninggalkan bekas pada kulit yang dapat menghitam. Pasalnya, saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulitmu mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin adalah zat pemberi warna pada kulit. Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Hal ini tentu bisa bikin siapa saja yang mengalaminya jadi frustrasi, khususnya wanita.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba. Nah, ada dua metode yang bisa kamu coba, yaitu dengan cara alami atau menggunakan skincare. Sebelum memilih antara kedua metode tersebut, kamu perlu mengetahui apa pemicu timbulnya bekas jerawat berikut ini!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Jika kamu lebih memilih bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat yang menghitam, kamu bisa mencoba bahan-bahan ini:

1. Lemon

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C.

Kamu bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

Sayangnya, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak memanfaatkan jus lemon untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena rentan untuk mengalami iritasi.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang bisa diberikan, terutama pada kulit. Tanaman ini juga kerap digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam.

Nyatanya, lidah buaya memang agen penyembuh yang luar biasa, terutama untuk masalah kulit. Bintik hitam dapat memudar berkat kandungannya yang mampu mencerahkan kulit.

3. Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

4. Madu

Madu kerap digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk luka bakar, luka, dan herpes.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan ini bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi jaringan parut. Sifat anti peradangannya juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.

5. Bubuk kunyit

Bahan alami yang satu ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat anti-inflamasinya. Ini juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut.

Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.

Skincare untuk Membantu Hilangkan Bekas Jerawat

Apabila kamu lebih memilih skin care, pilih produk yang mengandung bahan-bahan di bawah ini, ya:

1. Niacinamide

Niasin atau niacinamide merupakan turunan dari vitamin B3. Nutrisi tersebut terkenal akan khasiatnya dalam melembapkan kulit, mengobati jerawat, mencerahkan dan membantu menghilangkan bekas noda jerawat.

Namun, pastikan kamu tidak menggunakannya bersama vitamin C, ya.

2. Retinol

Kandungan yang satu ini juga terkenal khasiatnya untuk mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis-garis halus sampai menyamarkan flek hitam.

Nah, retinol ternyata juga bisa digunakan untuk menangani jerawat dan bekasnya, lho. Sama seperti niacinamide, retinol juga tidak disarankan untuk dipakai bersama vitamin C.

Memakai keduanya justru menghambat atau bahkan menghilangkan efeknya.

3. Vitamin C

Bukan hanya dikonsumsi, vitamin C juga tersedia dalam bentuk skincare. Khasiat utamanya yaitu mencerahkan wajah, termasuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Efek ini berasal dari kandungan antioksidannya.

4. Alpha hydroxy acids (AHA)

AHA umumnya ditambahkan dalam skincare untuk membantu menghidrasi dan mengontrol kadar minyak pada kulit.

Buka itu saja, kandungan ini ternyata juga mampu mengangkat sel kulit mati bekas jerawat. Alhasil, kulit tampak lebih sehat, cerah dan lembap.

Fungsi lain dari  AHA yakni membantu pembentukan sel-sel kulit baru. Lewat khasiat ini, AHA bisa mencegah pertumbuhan jerawat akibat pori-pori tersumbat.

5. Salicylic acid

Salicylic acid adalah jenis beta hidroksi (BHA) yang mampu mengangkat kotoran dan kulit wajah.

Seperti diketahui bahwa penyebab utama jerawat adalah penumpukan minyak dan kotoran pada wajah.

Itu sebabnya, bahan ini bisa membantu kamu untuk mencegah timbulnya jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya.

6. Tabir surya

Menurut penelitian, penanganan bintik-bintik hitam akibat bekas jerawat harus dimulai dengan menggunakan perlindungan terhadap matahari secara rutin.

Jadi, kenakanlah tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, terlepas dari apakah hari itu cuaca mendung atau panas.

Cara ini akan membantu mencegah terjadinya lebih banyak kerusakan pada kulit kamu.

Nah, itulah cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Pastikan kamu melakukan semua hal tersebut agar masalah yang terjadi pada kulit, terutama di wajah, dapat diatasi.

Dengan begitu, kamu memiliki wajah yang bersih dan cerah tanpa adanya bintik hitam.

Jika bekas jerawat tak kunjung menghilang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img