25 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaFoodBeragam Pilihan Salad Dressing Sehat

Beragam Pilihan Salad Dressing Sehat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Di Indonesia sendiri salad sayur memiliki banyak bentuk, seperti gado-gado, pecel, atau urap sayur. Sausnya pun beraneka ragam tergantung jenis makanannya, mulai dari bumbu kacang hingga parutan kelapa yang dicampur bahan rempah.

Meski begitu, beberapa salad dressing yang dijual di pasaran terkadang mengandung gula, garam, atau lemak jenuh yang tinggi sehingga mengurangi manfaat kesehatan dari makan salad.

Untuk memaksimalkan khasiat dari konsumsi salad, Anda bisa memilih jenis salad dressing yang sehat. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai selera.

BACA JUGA :  Berbagai Makanan Harus Dihindari Demi Cegah Kanker

Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini adalah beberapa jenis salad dressing yang sehat dan Anda bisa buat sendiri di rumah:

1. Bumbu kacang

Bumbu kacang termasuk salad dressing yang sehat dan banyak digunakan dalam kuliner tradisional, seperti gado-gado dan pecel. Saus ini menggunakan bahan dasar kacang tanah yang kaya akan protein nabati.

Namun, kacang tanah untuk bumbu kacang sebaiknya diolah dengan cara direbus daripada digoreng agar manfaat kesehatan dari konsumsi salad dapat diperoleh secara maksimal.

Untuk membuat bumbu kacang yang sehat di rumah, Anda bisa menghaluskan kacang tanah, kencur, dan asam jawa secukupnya. Selanjutnya, tambah sejumput garam, irisan gula merah, dan sedikit air. Bila ingin cita rasa pedas, Anda juga bisa menambahkan cabai sesuai selera.

2. Alpukat dan jeruk nipis

Alpukat dan air perasan jeruk nipis juga bisa Anda jadikan sebagai salad dressing yang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Buah alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Sementara itu, jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kerusakan sel.

Guna memperoleh berbagai manfaat tersebut, Anda bisa membuat salad dressing dari campuran puree atau bubur buah alpukat dan perasan jeruk nipis. Agar terasa lebih lezat, Anda juga bisa menambah sejumput garam dan lada.

3. Jahe dan kunyit

Salad dressing dari campuran jahe dan kunyit juga cukup terkenal karena dapat memberikan sensasi hangat dan menambah cita rasa. Bahkan, campuran dua tanaman herbal ini juga bisa mengurangi mual dan kram perut.

Cara mengolah jahe dan kunyit menjadi salad dressing pun terbilang mudah, Anda cukup mencampurkan berbagai bahan berikut ini:

¼ gelas minyak zaitun
2 sdm cuka apel
1 sdt kunyit yang sudah dihaluskan
½ sdt yang sudah dihaluskan
1 sdt madu

4. Greek yoghurt ranch

Salah satu jenis salad dressing yang populer adalah greek yoghurt ranch. Pasalnya, jenis yoghurt ini tinggi akan lemak baik dan protein serta rendah gula sehingga bisa menjadi pilihan salad dressing yang sehat.

Karena berbahan dasar yoghurt, saus salad ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tekstur creamy. Nah, untuk membuat salad dressing ini, Anda cukup menyampurkan 1 gelas greek yoghurt tanpa rasa dengan beberapa bahan berikut ini:

½ sdm bubuk bawang putih
½ sdm bubuk bawang bombai
½ sdm daun adas manis kering
Potongan daun bawang secukupnya
Sejumput garam

5. Balsamic vinegar

Selain membuat rasa salad menjadi lebih nikmat, balsamic vinegar juga baik untuk kesehatan karena jenis salad dressing ini memiliki kandungan polifenol yang bersifat antioksidan dan asam asetat yang bersifat antikuman.

Untuk menambah cita rasa pada salad dressing dari balsamic vinegar, Anda bisa mencampurnya dengan madu dan bawang putih atau minyak zaitun dan keju parmesan.

6. Apple cider vinaigrette

Saus apple cider vinaigrette kerap ditambahkan ke salad untuk mengurangi rasa hambar pada sayuran hijau. Salad dressing yang berbahan dasar cuka apel ini dinilai dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar trigliserida di dalam tubuh.

BACA JUGA :  Beragam Makanan Pengencer Darah

Untuk membuat apple cider vinaigrette, Anda cukup mencampur cuka apel dengan minyak zaitun, air perasan lemon, dan madu. Agar semakin nikmat, tambahkan juga sejumput garam dan lada.

Itulah berbagai pilihan salad dressing yang bisa digunakan untuk menambah cita rasa campuran sayuran. Bila ingin saus yang sehat, sebaiknya gunakan sedikit garam dan gula, terutama bila Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi atau diabetes.

Beberapa salad dressing di atas umumnya aman dikonsumsi, selama Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu di dalamnya.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang perlu berhati-hati untuk menjaga pola makan atau mengonsumsi salad dressing, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari.

spot_img

Headline

Populer